Rektor Inginkan Kampus jadi Intelectual exercise

” Saya tidak ingin nanti ada yang masih gembrang-gembreng ketika azdan dzuhur tiba, saya tidak ingin mendengar laporan dari masyarakat bahwa kampus UIN tidak mencerminkan akhlak Islami”
[www.uinsgd.ac.id ] Tidak lama setelah masa musyawarah Dewan mahasiswa beberapa minggu yang lalu, Ketua Dewan Mahasiswa terpilih Ali Santoso akhirnya di lantik, kemarin [26/06/08] di ruang rapat senat UIN.

Berdasarkan Statuta UIN yang baru kini student government yang beralih nama menjadi Dewan Mahasiswa itu berada di bawah tanggung Jawab Rektor. Menurut Rektor Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, M.S. Pengalihan nama dan status Student Government ini berdasarkan SK Dirjen dan SK Rektor bahwa student Governement merupakan tanggung jawab Rektor.

Dalam sambutannya kemarin rektor meneitipkan kampus kepada pengurus Dewan Mahasiswa agar di kampus tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak citra kampus.

” Saya tidak ingin nanti ada yang masih gembrang-gembreng ketika azdan dzuhur tiba, saya tidak ingin mendengar laporan dari masyarakat bahwa kampus UIN tidak mencerminkan akhlak Islami” demikian salah satu harapan rektor dalam sambutannya.

Seraya mengutif tentang idealisasi organisasi mahasiswa yang terdapat dalam statuta, Rektor mengharapkan bahwa Dewan Mahasiswa dapat mewujudkan apa yang telah digariskan dalam statuta bahwa kampus UIN ini menjadi labolatorium akhlak Islami serta dapat dijadikan sebagai lahan intelektual exercise.

Rektor mengatakan bahwa Dewan Mahasiswa yang telah dilantik ini mempunyai kewajiban untuk melaksanakan misi dari pada UIN yang memang selaras dengan misi organisasi mahasiswa.” yang pertama adalah meningkatkan kwalitas akhlakul karimah, kedua meningkatkan kecendikiaan, ketiga dapat meningkatkan minat dan bakat mahasiswa, dan terkahir adalah meningkatkan pengabdian terhadap masyarakat”.

Dalam sejumlah misi yang diemban oleh Dewan Mahasiswa, Rektor menekankan pada pentingnya mengedepankan akhlak dan Kecendikiaan. Seraya menegaskan pernyataannya di awal sambutannya rektor mengatakan ”Saya berharap bahwa ketika adzan berkumandang tidak ada lagi mahasiswa yang berlalu lalang, begitupun ketika malam menjelang saya tidak ingin ada laporan dari masyarakat sekitar bahwa mahasiswa di kampus melakukan kegaduhan yang menyebabkan merasa terganggunya masyarakat di sekitar kampus” begitu ucap Rektor.

Rektor melanjutkan bahwa dengan pengurus Dewan Mahasiswa yang baru dapat menjadikan kampus sebagai akselerator pengembangan intelektual, ” Saya ingin bahwa kepengurusan baru ini dapat menjadikan kampus sebagai intelektual exercise dengan banyak melakukan kajian keilmuan, diskusi, penerbitan jurnal dan buletin mahasiswa, serta mengedepankan penelitian”. Demikian beberapa harapan Rektor Prof. Dr. H. Nanat Natsir kepada pengurus Dewan Mahasiswa yang baru dilantiknya.*** [dudi_PusInfoKom]



Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Salam. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga jadi silaturahmi. Tunggu saya BW balik ya. Terima kasih EmoticonEmoticon