Office 2003 VS Offive 2007

Bagi pengguna computer, PC ataupun Laptop, tentu kita kenal program Office. Itulah yang ada powerpoint, Exel ataupun Word-nya.

Bagi para pengguna Office 1997-2003 barangkali akan sedikit gagap ketika pertama kali menjajal program office 2007, termasuk juga saya tidak faham dengan dengan program tersebut walaupun sebetulnya jika diperhatikan maka office word 2007 lebih comfort dan tentunya lengkap.
Suatu hari saya numpang ngetik di laptop seorang kawan yang kebetulan Laptopnya menggunakan aplikasi office 2007. Saya saat itu tidak tahu menahu jika akan digunakan pada aplikasi office 2000 atau 2003 harus disave dalam dengan subtitle office 2007. setelah selesai mengetik akhirnya saya save di plasdisk tanpa disave di subtitle 1997-2003, ketika hasil ketikan tersebut akan saya print out, eh ga bisa dibuka sedangkan jika balik lagi ke kelas waktunya sudah mepet, akhirnya saya ketik ulang. inilah akibatnya kurang komunikasi dengan teknologi pikirku saat itu, ko temen-temen juga ga ngasih tau, pikirku.

setelah kejadian tersebut akhirnya saya tidak pernah salah lagi jika numpang ngetik di program office 2007, saya tidak lupa untuk menyimpan dengan subtitle 1997-2003, kecuali jika minta copyan dari temen pasti selalu lupa jika orang lain penggunaan teknologinya masih tahun 2003 ke bawah. Jika sudah demikian saya harus cari rental atau temen yang menggunakan aplikasi 2007 untuk di save as.

Kekurangkomunikasian dengan teknologi terbaru tentu bukan monopoli saya yang gaptek namun juga terjadi pada orang lain. Misalnya salah satu Pegawas Sekolah (namanya rahasia) Menengah kejuruan di kota Bandung pernah kena getah kemajuan teknologi ini. Suatu hari sang Pengawas meminta semua data persiapan akreditasi yang sudah terkumpul dalam bentuk file agar tidak berabe mengangkutnya dan bisa diperiksa di rumah.

Setelah dibawa ke rumah dan dibuka di Komputer pribadinya, tentu saja semua file tersebut tidak bisa dibuka karena menggunakan program office 2007 sedangkan komputernya menggunakan program office 2000. Sang Pengawas menyangka bahwa cakram padat tersebut yang diberikan kepada dirinya kena virus semua, sehingga meminta cakram padat baru, namun tetap saja kejadiannya demikian, setelah ngobrol-ngobrol dengan orang yang memberikannya (kebetulan ahli informatika) akhirnya Sang Pengawas di kasih tau bahwa ga akan kebuka sampai kapanpun karena program officenya berbeda. Akhirnya sang Pengawas tersebut minta agar PC-nya diinstali ulang dengan menggunakan office 2007 dan si Pengawas bersyukur karena jadi tau tentang perpindahan teknologi software computer tersebut.

Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Salam. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga jadi silaturahmi. Tunggu saya BW balik ya. Terima kasih EmoticonEmoticon