Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Terbanyak ada di Jawa Barat!

Selama ini yang kita kenal sebagai daerah tempat bangunan sejarah jaman kerajaan adalah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bangunan peninggalan sejarah kerajaan ini lebih kita kenal dengan nama Candi. 

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur. Candi yang termasuk dalam salah satu keajaiban dunia ini merupakan Candi terbesar. Candi
Borobudur tidak hanya diakui oleh Indonesia sendiri namun juga dunia. Setiap hari raya agama budha, berbagai tamu dari Negara tetangga melakukan ritual agama di tempat ini.
Selain candi Borobudur, kita juga kenal Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Kalasan, Candi Dieng, Candi Sewu, Candi Singasari, Candi Kidal, dan ada bebreap Candi lagi yang tidak saya ketahui.

Sekalipun kita banyak mengenal banyak Candi di Jawa dan terkenal. Namun ternyata baru-baru ini banyak ditemukan Candi-candi di Jawa Barat, sebut saja Candi yang sudah lama di temukan Candi Cangkuang di Garut, Candi Rancaekek, Candi Jiwa di Karawang. 

Selain Candi yang telah ditemukan, masih banyak Candi-candi sekitar puluhan atau bahkan ratusan Candi berada di daerah Jawa Barat dan dan Banten. 

Candi-candi tersebut adalah: Candi bayar Candi mandian, Candi cukur, Candi Sunatan, Candi kurud, Candi kawinkeun, Candi cobaan, Candi asaan, Candi pake, Candi ditu Candi dieu, Candi Sintreuk, Candi Teunggeul, Candi Tulis, Candi Ketik, Candi Hias, Candi Tembok, Candi Usapan. Bloger tidak percaya? Silahkan Tanya orang Sunda!

Masih banyak Candi-candi lainnya yang belum terungkap di Jawa Barat namun sudah diprediksikan ada karena meninggalkan artefak-artefaknya, seperti Candi Teangan, Candi Kerok dan lain-lain.

Bagi Kompasianer yang berasal dari Tatar Sunda barangkali ingin berkontribusi untuk menemukan Candi-candi lainnya, silahkan isi kolom komentar, akan ada hadiah menarik dari Kampas Oncom.
Bagi yang membaca artikel ini pun ternyata sudah menemukan Candi yaitu Candi bawa ka Rumah Sakit Jiwa karena tertawa sendirian, Ia soalnya Candi Ubaran…..

Salam Candi Tipu

Homor belaka, plagiat dari sms seorang teman, dan telah diubah seperlunya.

2 comments for "Candi Terbanyak ada di Jawa Barat!"

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya ya...