Vlogging untuk Marketing PR

Beberapa tahun ke depan, dunia Branding, marketing, dan Public Relations akan dihidupkan dengan segala hal yang memiki karakter visual dan audiovisual. Tidak heran jika istilah infografis dan vlogging atau video blogging semakin ramai dibicarakan dan dijadikan medium untuk menyampaikan pesan kepada publik oleh pelaku usaha dari berbagai jenis usaha. Tak ketinggalan para bloggerprener.

Menurut survei Millward Brown, Indonesia termasuk negara pengonsumsi video terbanyak di dunia setidaknya untuk televisi, smartphone, dan tablet. Inilah yang menjadi dasar dari Millward Brown untuk merekomendasikan penggunaan konten Video untuk kegiatan pemasaran. Ini juga yang dilakukan oleh salah satu provider, Smartfren.

Seperti dikatakan oleh Seno Pramuaji, jika perusahaanya sedang menggenjot social content untuk membantu mendorong awarreness terhadap provider yang menggunakan dobel jaringa tersebut. Saat akses video chanelnya Smartfren akan banya social content yang dibuat oleh smartfren.

Minggu, tepatnya tanggal 20 Maret 2016, saya diberi kesempatan oleh #kelasblogger yang digagas oleh Kang Arul (Rulli Nasrullah) dan dinakhodai oleh Bang Udin (Syaifudin Sayuti) untuk menimba ilmunya. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Pagi sekali saya dan Kang Ade janjian di travel Baraya Jalan Surapati.

sumber: blog nutrifood
Sampai di Gedung Nutrifood Inspiration Centre, ternyata acara sudah dimulai. Tapi tidak masalah, masih banyak ilmu yang akan ditumpahkan oleh para pembicara yang expert di bidangnya masing-masing.


Dudi Iskandar, merupakan pembicara pertama yang menyampaikan materi photography. Pria yag besar di Bandung ini sudah malang melintang di media sebagai fotograper, hanya saja menurut pengakuannya, sejak masa transisi dari kamera analog ke digital sempat vakum.

Materinya yang disampaikannya tidak njelimet, padat dan fokus pada sasaran. Teman-teman kelas mencoba mempraktikan ilmunya langsung di kelas, ini salah satu contohnya.

Materi kedua, benar-benar baru saya kenal karena belum pernah mencoba otak-atik sendiri dengan video editing, yaitu Videography. Pematerinya sangat ekstrem, bayangin aja, lagi sakit-sakit juga maksain datang, mentang-mentang ada peserta dari Garut dan Bandung...ekstrem kan? Gak takut nambah sakit apa?

Dua sejoli pemateri, Dede Ariyanto dan Farichatul Jannah sedang mempraktikan video Sumber foto: Andri
Namanya Dede Ariyanto, atau biasa dipanggil Mas Dede. Mas Dede berkolaborasi dengan isterinya, mba Farichatul Jannah. Keren juga, aksi vloggingnya langsung dipraktikan melalui layar Iphonenya. Daan yang lebih keren, hasil kreasinya bersama sang isteri betul-betul seperti menonton berita feature di televisi. Kata Kang Ade, “wuish mereka mah udah profesional bangget”.

Tak kalah pentingnya adalah sharing masa depan konten marketing oleh Seno Pramuadji, Digital Marcomnya Smartfren, eeh bener kan Digital Marcomnya Smartfren? Seno banyak berbagi tentang wacana-wacana content marketing di masa yang akan datang dengan trend makin meningkatnya pengguna internet Indonesia. Salah satunya adalah materi yang sedang dibahas, yaitu videoblogging.
Tak kalah seru adalah pemateri paling cantik, Farichatul Jannah. Alumnus jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Suka Jogja ini memberikan pengetahuan praktis bagaimana mengisi suara dalam konten video. Ciamik.


Daaan ini hasil belajar seharinya, gak cukup ternyata hehehe...


Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
Jarhie
AUTHOR
Mar 28, 2016, 5:48:00 AM delete

Saya ge ada rencana mau buat Vlog bah, kalau waktunya udah pas mah mau diseriusin hehe.. Hayu ah

Reply
avatar
abah raka
AUTHOR
Mar 28, 2016, 8:47:00 AM delete

Ajarkeun laaah eta grafisna Om fajar....hehe

Reply
avatar
Mar 28, 2016, 9:57:00 AM delete

Wah bakal jadi virus nih VLOG. Apalagi dosen galau lagi mau bikin serial VLoG juga. *panas nih jadinya*

Reply
avatar
Mar 28, 2016, 10:18:00 AM delete

Wahhhhh makasih Bang Abah Raka.... Luar biasa reportasenya....

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Mar 31, 2016, 5:03:00 PM delete

Iya bang Udin, kayaknya skr sudah mulai masuk virus vloggnya...

Reply
avatar

Salam. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga jadi silaturahmi. Tunggu saya BW balik ya. Terima kasih EmoticonEmoticon