Wisata Anak Murah Meriah Taman Lalin

Sumber: tamanlalulintas
Membawa jalan-jalan anak pastilah menjadi kesenangan semua orang tua, tapi tentu harus menyesuaikan dengan budget. Apalagi wisata di tengah-tengah kota. Pergi ke wahana seperti Dufan atau Transtudio tentu tidak cukup dengan baget 100 atau 200ribu. Wisata ke alam terbuka seperti Situ Patengang atau Lembang, saat weekend harus dipikir ulang, selain terlalu jauh juga macet. 

Beberapa minggu yang lalu, tepatnya hari mingu, seperti sudah terbiasa, anak selalu menagih untuk bermain di tempat permainan B****. Tetapi tentu membosankan bagi orang tua karena gitu-gitu aja. Saya berfikir, dimana tempat permainan yang dekat dan murah. Isteri pun menyarankan pergi ke Taman Lalu Lintas Taman Ade Suryani.

Urang Bandung, pasti pernah mendengar Taman yang terletak di tengah-tengah kota Bandung tersebut, tidak jauh dari Jalan Merdeka, BIP, atau Balaikota. Saya mengira tempat wisata ini hanyalah sebuah taman yang tidak beda dengan tempat permainan Taman Kanak-kanak. Ternyata perkiraan saya jauh meleset, di dalamnya menyediakan berbagai fasilitas dan wahana wahana permainan. Wajar jika setiap lewat, tempat parkirnya selalu penuh, kadang sering macet.

Sumber: Tamanlalulintas
Tepatnya di jalan Belitung, Taman Lalu Lintas menyediakan berbagai wahana permainan untuk anak, remaja, termasuk juga usia dewasa. Dikelola oleh sebuah yayasan yang awalnya mengemban tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas. Wajar, saat kita memasuki area tersebut, pengunjung sudah disuguhi oleh rambu-rambu lalu lintas yang dipajang seperti halnya sebuah plang yang isinya rambu lalu lintas dalam bentuk yang besar dan banyak.

Selama kurun tahun 1992-2007 Taman lalu lintas secara periodik memberikan pendidikan gratis tentang tata cara menyeberang jalan.  Tidak kurang dari 630 sekolah yang terdiri dari 3000 dan 8000-an murid yang berkunjung dan belajar di taman ini untuk mendapatkan pelatihan Cara menyeberang jalan supaya aman. Pihak pengelola menamakan program ini CAMEJASA.

Selain ada taman pembelajaran untuk anak-anak dalam mengenal lalu lintas, anak-anak juga disediakan bacaan secara gratis. Ya iya lah secara di sini juga ada Taman Kanak-kanaknya kok hehe…, so anak bukan hanya bermain juga bisa diajak untuk belajar literasi. 

Selain tempat belajar, permainan apa saja yang ada di Taman Lalu Lintas?

Sumber: DokPri
Berdiri di atas tanah seluas 3,5 Ha ini memiliki banyak wahana permainan. Beberapa diantaranya juga bisa menyertakan orang tua sebagai pendampingnya. Ini beberapa sarana yang bisa dinikmati pengunjung; Kereta Api Mini, Arena Sepeda Mini, Panggung Hiburan, Kerosel, Kolam Renang, Kolam Pancing, Mobil Batere, Kereta Fun Game, Kereta Motor Anak, ada juga Flying Fox, Ayunan, dan masih banyak lagi.

Selain banyak permainan, pohon-pohonnya bikin teduh loh. Daan walaupun berada di tengah-tengah kota, udaranya cukup bersih dan sejuk. Wajar saja, karena menurut catatan dari Yayasan, Taman Lalin ini berfungsi juga untuk Hutan Kota. Ada sekitar 1000 pohon yang ada di taman kota ini. Sehingga pengunjung relatif terjaga dari polusi kendaraan karena tersaring oleh pohon-pohon tersebut.

Dengan banyaknya wahana permainan, pengunjung bisa menghabiskan waktu dan memuaskan bercengkerama dengan anak-anak. Dengan harga tiket rata-rata Rp. 5000 rupiah, pengunjung bisa memilih banyak wahana permainan untuk anak ataupun untuk pendampingnya sendiri (orang tua).

Setelah puas seharian pengunjung bisa beristirahat di bawah rindangnya pohon-pohon. Walaupun tidak ada gazebo, pedagang di area taman menyediakan tikar yang di sewa dengan harga 5000 sepuasnya.

Lalu berapa tiket masuknya?

Untuk tiket tidak lebih dari 10.000, tepatnya mah 7.500 dan setiap wahana tiketnya rata-rata 5000. Naik kereta 5000, sarana kolam renang juga 5000. Sepertinya serba lima ribu deh.

Tidak menghabiskan budget sampai 100.000, orang tua dan anak sudah bisa bermain sepuasnya.  Tentu saja sudah termasuk jajan anak-anak dan yang jelas tempat ini cukup terjangkau dengan waktu setengah jam dari rumah. Dekat.***[]

Note: Di Badung Bahkan banyak Taman-taman yang bisa dikunjungi tanpa harus keluar budget sedikitpun kecuali jajan dan bensin.

Tempat Wisata Lainnya:

Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
Okti Li
AUTHOR
Apr 9, 2016, 7:57:00 AM delete

Saya aja tahun 1987-1991 an taman ade irma suryani ini sudah ada dan jadi rujukan tempat main, karena Trans Studio dekat rumah kala itu masih berupa kuburan umum Cibangkong, belum ada sarana hiburan lain selain kebun binatang :-P

Saat itu tidak terkenal taman lalu lintas, tapi terkenalnya taman ade irma suryani nasution

Tahun 87-91 Akang lagi dimana tah? :)

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Apr 9, 2016, 8:20:00 AM delete

Tahun 87 mah baru masuk sekolah kelas 1 teh hehehe. Selama di Bandung paling lewat aja kalo mau ke Balai Kota atau ke Lembang biasanya lewat situ..., baru setelah punya anak itu pun beberapa minggu kemarin menyempatkan bawa anak-anak main teh...

nuhun teh tos mampir...

Reply
avatar
Apr 9, 2016, 8:35:00 AM delete

Waaaah catettt nih... Aku sering ke bandung tp gak tau mau kemana kemana ...pernah ke kampung gajah ihhh gitu2 doank mahal... Mau apa apa juga bayar lg mahal pulak hehehhrhe tekoooorrrr hahhaa

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Apr 9, 2016, 9:11:00 AM delete

Banyak Taman-taman yang Gratisan juga Mbak Farichatul, yang baru ada Taman Sungai Cikapundung...

Reply
avatar
Apr 9, 2016, 11:11:00 AM delete

Selalu seru deh kalo ke Taman Lalu Lintas. Cuma mesti pake lotion antinyamuk dulu, ya. Soalnya dulu pernah lupa pake trus digigitin nyamuk deh. Mau bales ngegigit si nyamuk...eh....susah :D

Reply
avatar
memburukata
AUTHOR
Apr 10, 2016, 8:55:00 AM delete

Kalo sekarang sepertinya gak ada mbak Tri, mungkin nyamuknya takut sama suara mobil hehe, haha jangan jangan bales kasian nyamuknya nanti ngadu sama bokapnya lagi :D

Reply
avatar
memburukata
AUTHOR
Apr 10, 2016, 8:55:00 AM delete

Kalo sekarang sepertinya gak ada mbak Tri, mungkin nyamuknya takut sama suara mobil hehe, haha jangan jangan bales kasian nyamuknya nanti ngadu sama bokapnya lagi :D

Reply
avatar

Salam. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga jadi silaturahmi. Tunggu saya BW balik ya. Terima kasih EmoticonEmoticon