Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kaleidoskof 2021 dengan Keluarga Baru


Kesukaan berkomunitas memang sepertinya sudah menjadi mendarahdaging. Sejak masa sekolah, walaupun bukan termasuk anak nongkrong. Hal ini berlanjut sampai masa mahasiswa hingga menjelang tua sekarang.

Memasuki tahun 2020 akhir, sedang tinggi-tingginya pandemic, Kang Dado mengajak bergabung menjadi bagian dari keluarga komunitas pengguna smartfren – Smartfren Community (selanjutnya SFCom). Memang sejak beberapa tahun terakhir, sudah bergabung dalam wadah komunitas di bagian kotanya. Namun, kini memiliki kesempatan mengembangkan di daerah sendiri, yaitu Kabupaten Bandung.

Memang belum efektif, karena aktivitas selalu dilaksanakan secara daring. Namun, tidak mengurangi substansi berkomunitas. Bertemu dengan leader dari berragam latar belakang. Ini menjadi suntikan semangat baru dalam menjalani kehidupan yang saat itu sangat berat. Betul-betul berat.

Salah satu yang didapatkan dari berkomunitas adalah dinamika cara melihat dunia ini. Setiap ada pertemuan, walaupun secara daring, cara melihat dunia tersebut selalu baru, dan ini yang menjadi penyemangat baru dalam menghadapi dunia yang saat itu betul-betul saya rasakan sangat berat dan akhirnya tidak mampu lagi memikul beban tersebut. Sampai akhirnya harus resign dan mencari dunia baru. Pada akhirnya, dunia baru; tempat kerja dan tambahan komunitas.

Oke, apa saja bagian yang menjadi penyemangat baru tersebut.

Pertama. Yap, setelah memasuki tahun 2021, tepat bulan januari saya pun tergabung dengan squad blogger, yang sudah sejak lama aktivitas ini saya jalani sebagai blogger. Artinya, akan ada pengetahuan-pengetahuan yang saya dapatkan dari dunia perbloggeran. Ini menjadi pengalaman baru dalam dunia corporate blogger. Corporate blogger adalah dunia yang sedang saya cermati. Tentunya saya kaitkan antara praksis dan teoritis. Karena bagi saya selalu ada ilmunya di sana. Dari praksis menjadi ilmu. Dan ini yang saya dapatkan dalam komunitas ini.


Awal tahun tahun 2000-an, atau tepatnya 2007 menjadi puncak kejayaan para blogger, kenapa seperti itu. Karena saat ini, sedang ramai-ramainya dunia blogger. Puncaknya diselenggarakan pesta blogger. Ternyata pada 2021, blogger masih Berjaya. Beberapa perusahaan juga masih tetap melibatkan aktitivitas blogging. Padahal, sejak 2 tahunan lalu, justeru yang sedang naik daun adalah influencer, KOL, buzzer, ataupun seleb-seleb medsos. Sehingga Sebagian blogger pun menyambi menjadi buzzer.

Pada kesempatan ini, saya sangat apresiasi bahwa talenta blogger yang harus memiliki kemampuan menulis dan bercerita diapresiasi oleh Smartfren Community.

Kedua, kesempatan yang saya dapatkan adalah, saya bisa bertemu dengan tokoh-tokoh digital. Mereka yang aktif di dunia digital. Apa sebab? Karena sepanjang 2021, Smartfren Community sangat getol menyelnggarakan kelas online melalui IG Live. Selain berkesempatan menjadi host saya juga berkesempatan menyerap ilmu dari tokoh-tokoh tersebut. Tentu ini menjadi kesempatan yang sangat bermanfaat. Bahkan bukan hanya tokoh digital, tapi juga tokoh politik atau seniman seperti Ridwan Kamil atau Dede Yusuf. Banyak pokoknya mah.

Ketiga adalah dunia ekonomi kreatif. Smartfren community memiliki binaan teman kreasi Indonesia. Saya juga banyak belajar dari mereka walaupun tidak bersinggungan langsung namun informasi-informasi yang saya dapatkan dari beberapa event menjadi tambahan tenaga untuk saya agar bisa berdaya lagi. Daaan teman kreasi menjadi momentum bagi smartfren mendapatkan penghargaan dari IDX Exchange. Yang saya highlight dari aktivitas ini adalah bagaimana pentingnya menjaga marwah dari UMKM yang menjadi sendi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia; dijaga, dipelihara, didorong untuk tumbuh berkembang oleh smartfren community.

Keempat, keseruan gathering. Sebetulnya telah duakali dilaksanakan gathering secara online. Namun sepertinya gathering pertama tidak terlalu meriah karena gathering hanya ngobrol-ngobrol biasa dengan doorprize yang alakadarnya. Itupun dilaksanakan secara singkat. Namun doorprize kedua, selain dengan durasi yang cukup Panjang, juga mendapatkan kebahagiaan dari teman-teman yang mendapatkan apresiasi sebagai leader Ter-ter-ter dan ter, tergokil, terkreatif, terloyal, dan lainnya. Pokoknya terkeren lah.


Saya tulis juga bagaimana keseruan gathering tersebut, bukan hanya seru, juga haru. Karena menyisakan keharuan dari ketua SFComm baru Mas Didik. Perjuangannya betul-betul menjadi inspirasi bagi kami. Daan yang tidak kalah penting dari keseruan itu adalah sangat terasa kekeluargaannya. Candaan-candaannya tidak ada sekat. Baik dari manajemen, founder, atau leader. Dan lastime menuju berakhirnya gathering, ternyata keluar nama saya mendapatkan doorprise smartwatch hehehe…., pokoknya pokoknya deh.


Insya Allah 2022 semakin berharga dengan marwah berkomunitas dan salah satu wadahnya adalah Smartfren Community.


Ini menjadi catatan berharga kaleidoskop 2021 selama menjadi bagian dari komunitas.***[]

Post a Comment for "Kaleidoskof 2021 dengan Keluarga Baru "