Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Mengusung ‘Beyond Gaming’ ROG Phone 8 Melampaui Perangkat Gaming

Mengusung ‘Beyond Gaming’ ROG Phone 8 Melampaui Perangkat Gaming

Gaya ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8 mengalami perubahan revolusioner bukan hanya dari sisi performance, tapi juga dari fungsi keseluruhan. Perubahan dengan jelas dapat dicermati dari slogan atau tagline yang diusung oleh ROG Phone 8, yaitu Beyond Gaming. Hal ini diketahui dari gelaran Consumer Electronis Show (CES) 2024 yang digelar di Las Vegas 9 Januari 2024 lalu.

Jika diartikan secara bebas, Beyond artinya melewati atau melampaui. Saya sendiri secara sederhana selain melampaui, juga mengartikan Beyond sebagai ‘bukan/tidak sekadar’. Artinya ROG Phone kini bukan sekadar perangkat Gaming. ROG Phone 8 khususnya, sudah melampaui fungsi-fungsi gaming, karena juga berarti sebagai bagian dari gaya hidup era digital.  

Melalui beragam upgrade perangkat keras dan sistem operasinya, ROG Phone 8 menjadi perangkat konvergensi masa kini yang dapat difungsikan sebagai smartphone flagship. ROG Phone 8 tidak hanya mendapatkan peningkatan dari sisi performance dengan penggunaan prosesor generasi terbaru, displaynya juga berubah. 

Salah satu yang paling kentara dari display belakang adalah tampilan kameranya. Jika pada ROG Phone 7 memanjang, pada ROG Phone 8 mengkotak. Tampilan ROG Phone 8 juga lebih tipis dari ROG Phone sebelumnya.

ASUS ROG Phone 8 Bukan Sekadar Perangkat Gaming
ASUS ROG Phone 8 

Asus tidak hanya meningkatkan dari sisi generasi dari ROG Phone 7 ke ROG Phone 8, juga mengubah slogan atau tagline ROG Phone dari For Dose Who Dare ke Beyond Gaming. Slogan ROG Phone yang sejak 2018 mengusung tagline For Dose Who Dare, setelah 6 tahun  dengan tagline tersebut, kini secara revolusioner mengubah slogannya. Hal ini sekaligus sebagai titik balik bahwa ROG Phone bertambah fungsinya secara maksimal. Ini menegaskan bahwa ROG Phone 8 tidak sekadar sebagai perangkat gaming.

Memadukan antara fungsi gaming dengan gaya hidup kekinian, ROG Phone yang berbasis android 14, bisa melakukan fungsi videography, editing video, fotografi, atau fungsi hiburan lainnya seperti menonton film pada Netflix.  

Apalagi dengan teknologi audio Dirac Virtuo yang bisa menghadirkan suara mendalam sekaligus spasial menggunakan teknologi nirkabel, pengguna akan mendapatkan pengalaman teatrikal terbaik saat bermain game, streaming video atau mendengarkan musik.  Jika menggunakan audio terbuka, suara latar belakang yang tidak diinginkan dapat dihilangkan dengan teknologi AI Noise Cancellation yang sudah terbenam dalam sitem audio.

Untuk lebih memberikan penegasan informasi, berikut pelampauian ROG Phone 8 yang bukan hanya sekadar sebagai perangkat gaming: pertama, Asus ROG Phone 8 masuk kategori ponsel premium dengan bodi ramping, ringan, dan memiliki fitur yang mudah digunakan untuk gamer, streamer, juga kreator konten. Kedua, peningkatan performa secara nyata dengan mengusung prosesor Snapdragon 8 Gen 3, RAM 8533 Mbps dengan LPDDR5X RAM, ROM UFS 4.0, dan memiliki IP68 yang pertama di dunia.

Performa ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8 dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3

Penggunaan Snapdragon 8 Gen 3, membuat perangkat bekerja lebih efisien, hal ini dikarenakan chipset-nya mendukung sistem bit 64. Sistem bit 64 memiliki kapasitas penyimpanan data hingga 16 milyar, berbeda dengan sistem bit 32 yang hanya mampu menyimpan data sejumlah 4 milyar. 

Artinya, dengan kapasitas sebesar itu, secara digital, sistem bit 64 memiliki ruangan yang sangat besar, sehingga lalu lintas digital sangat lengang, sehingga kerja lalu lintas digital menjadi sangat cepat. Hal ini akan sangat mendukung terhadap aktivitas gaming yang memang memerlukan ruang besar untuk lalu lintasnya, termasuk juga streamer atau konten kreator yang harus mengkombinasikan beragam aplikasi untuk keperluan editing visual, audio, ataupun audio visual.

Selain soal bertambahnya kapasitas pada Snapdragon 8 Gen 3, prosesor generasi ini juga mendukung teknokologi jaringan 5G serta sangat support untuk kerja-kerja artificial intelligence. Tentu saja sangat mendukung karena terdapat support untuk sistem bit yang digunakan yang diupgrade menjadi 64.  

Sementara penggunaan RAM LPPDR5X 8,5 Gbps, berdasarkan informasi dari pengembang semikonduktornya, LPPDR5x selain mendukung terhadap sistem 64 bit, penggunaan AI, VR, AR, juga bisa digunakan untuk autonomous driving, juga metaverse. Gila aja, RAM untuk sistem kendali otomatis digunakan untuk perangkat smartphone gaming, tentu harus segera mencoba bagaimana kecepatan lalu lintas digitalnya. 

Dengan RAM tersebut, masuk akal jika pada ROG Phone 8, Asus meringkas batere menjadi 5500 mAh, lebih kecil dari ROG Phone 7. Hal ini karena kerja RAM LPPDR5X 20 % lebih efisien, apalagi dikonvergensikan dengan prosesor generasi baru, serta ROM UFS 4.0 yang mendukung penyimpanan hingga 1 TB dengan efisiensi 45%.

Selain soal prosesor, performance tersebut juga didukung oleh keamanan perangkat kerasnya yang tahan terhadap debu dan air. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan IP68. IP68 merupakan standard internasional untuk perlindungan terhadap suatu perangkat. IP kepanjangan dari ingress protection atau international protections, 68 menunjukkan bahwa perangkat tersebut terlindungi dari debu dari air dengan kedalaman 1,5 meter dengan waktu 30 menit. Lebih tinggi dari IP67 yang secara konsep hanya mampu bertahan di kedalaman satu meter.

Tampilan ASUS ROG Phone 8

Pilihan warna ASUS ROG Phone 8

Performance yang mumpuni untuk segala kebutuhan ROG Phone 8 didukung oleh layar berteknologi tinggi juga, AMOLED Fleksibel 6.78 167 Hz. Walaupun ROG Phone 8 bukan perangkat yang bisa dilipat namun penggunaan Amoled Fleksibel menunjukkan kualitas layar yang maksimal. Teknologi layar fleksibel memungkinkan layar perangkat lebih kuat akan goresan. Hal ini karena bahan yang digunakan Amoled fleksibel memiliki kekuatan yang tahan lama.

Di samping itu, penggunakan teknologi Amoled pada ROG Phone 8, secara umum terdapat beberepa kelebihan; Pertama, layar yang lebih cerah sehingga pengguna mendapatkan pengalaman nyata dari bermain game, streaming video, atau saat menggunakan VR. Kedua, sudut pandang yang luas. Ketika dilihat dari mana pun, layar Amoled akan terlihat sebagaimana halnya saat melihat dari depan. Ketiga, konsumsi daya lebih hemat. 

Nah, walaupun batere yang digunakan hanya 5500 mAh, namun dengan penggunaan layar Amoled beserta RAM LPDDR5X saling mendukung terhadap Tingkat efisiensinya sehingga tidak bermasalah dengan kapasitas batere. Apalagi didukung dengan fastcharging 65W. Keempat, layar Amoled mendukung resolusi yang tinggi serta response time yang singkat. Akan satset pada waktunya.

Pada sisi lain, penggunaan kapasitas layar 165 Hz, memberikan ruang bernafas yang lega. Hal ini berdampak terhadap kemampuan layar yang mampu merespon dengan cepat setiap sentuhan pengguna. Teknologi layar Amoled 165 Hz, berdasarkan beberapa catatan, memiliki peningkatan refresh sejumlah 13 persen dibandingkan dengan 144 Hz dalam merespon setiap sentuhan. 

Tentu saja ini menjadi angin segar bagi para gamer profesional atau konten kreator yang berkejaran dengan waktu. Sehingga dapat lebih efektif dan efisien dalam menghasilkan karyanya. Layar 165 Hz secara keseluruhan memiliki teknologi lebih halus, berdasarkan rilis Asus, kecepatan sampling sentuhnya mencapai 720 Hz yang sangat halus.

Salah satu yang cukup penting dari tampilan adalah Tingkat kecerahannya yang ditingkatkan menjadi 2500 nits. Artinya pengguna dapat bermain game atau menonton film di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali. Visual yang luar biasa disetel dalam kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia.

Kamera ASUS ROG Phone 8

Kamera 50 MP, 13 MP, dan 32 MP ASUS ROG Phone 8

Salah satu yang melampaui jika ROG Phone bukan hanya sekadar perangkat gaming adalah perpaduan kameranya.  ROG Phone memiliki kamera utama 50 MP dipadukan dengan 6-axix Hybrid Gimbal Stabilixer 3.0. Hal ini sangat mendukung terhadap kinerja pengambilan video yang anti guncangan. Memberikan pengalaman berharga bagi konten kreator yang merekam video sehingga hasilnya sangat stabil. Ini menjadi kombinasi yang luar biasa antara hiburan dengan pengalaman maen game, dengan kerja menjadi kreator konten menjadi sangat padu. 

Teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal membuat kamera utama ROG Phone  dapat merekam video dengan kualitas yang sangat baik dengan Tingkat stabilitas yang tinggi. Hal ini didukung juga dengan 13 MP ultrawide yang memiliki lensa bebas serta 32 MP untuk telephoto dengan 3x optical zoom dan OIS. Sehingga memungkinkan dapat merekam objek tanpa pengurangan kualitas optik. Kerja-kerja kreator konten pun menjadi sangat professional apalagi didukung dengan kemampuan editing yang baik.

Gimbal 6-Axis Hybrid Asus ROG Phone 8

Fitur Penting Lainnya ASUS ROG Phone 8

Beberapa fitur penting lainnya dari ROG Phone 8 adalah dukungan beragam teknologi artificial intelligence (AI) seperti X-Sense, yaitu AI yang dikembangkan oleh ROG Labs untuk memberikan pengalaman bermain para gamers, untuk mendapatkan tips bermain game. Terdapat juga X Capture, yang dapat digunakan untuk menangkap momen penting saat bermain game. Sedangkan AI Grabber digunakan untuk menangkap teks dengan mudah langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition.

Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

Lengkap sudah, ASUS ROG Phone 8 bukan sekadar sebagai perangkat Gaming, juga kebutuhan (pekerjaan) sekaligus gaya hidup.


Harga ASUS ROG Phone 8

Foto by @Katerina

Dengan kemampuan yang sangat mumpuni, lalu berapakah harganya? 

Pada peluncuran yang dilaksanakan hari ini, 20 Maret 2024 di FX Sudirman Jakarta, ASUS ROG Phone memiliki 4 type dengan harga mulai 10-19 juta rupiah. Berikut rincian lengkap harga beserta typenya:

• ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000 

• ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000 

• ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000 

• ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000  

Bagi konsumen yang ingin memiliki perangkat keren tersebut, terdapat promo menarik:

Pertama, First Sale Promo: Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

 - Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store

 - Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Kedua, Consumer Launch Sales Promo: Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUGBM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

Waah, mupeng ya, harga 10 juta udah bisa boyong ASUS ROG Phone 8 dengan beragam hadiah menarik!!

Tulisan ini disertakan dari ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di blog travelerien.***[]



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya ya...

Bottom Ad [Post Page]