4.4.20

Melindungi Anak dari Corona

corona dan anak, sumber; newsdetik
Korban Covid19 ternyata tidak hanya terjadi pada orang tua seperti banyak diberitakan media massa. 
Virus corona dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Akan tetapi jenis virus baru yang menyerang saluran pernafasan dan dapat berbahaya ini juga mempunyai beberapa kelompok yang rentan untuk lebih mudah terkena virus ini. 

Orang yang rentan terkena penyakit ini didominasi oleh mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang.  Imun tubuh kurang menyebabkan rentan terhadap serangan virus. Oleh karena itu wajar jika orang tua, karena sistem imunnya telah berkurang menjadi korban paling domina dalam kasus ini. Misalnya orangtua yang berusia di atas 50 tahun. 

Selain itu juga ada anak-anak terutama bayi yang mempunyai kondisi imun yang belum sempurna. Sehingga hal tersebut membuatnya akan lebih mudah tertular virus covid-19. Oleh karena itulah bagi orang tua yang memiliki anak-anak harus lebih waspada menjaga anak atau balitanya agar tidak tertular virus.Ada beberapa cara terbaik yang dapat dilakukan seperti berikut ini:
    1. Membuat anak tinggal di rumah
    Cara paling ampuh yang pertama untuk menghindari penularan virus covid-19 termasuk bagi anak-anak adalah dengan membuat anak tinggal di rumah. Hal ini akan sangat efektif sehingga anak tidak mudah tertular dari orang lain yang mempunyai virus ini. Dengan tinggal di rumah Anda akan bisa menjaga kondisi di rumah tetap sehat dan menghindari penularan virus ini. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk membuat anak Anda tinggal di rumah, terutama bagi bayi yang mempunyai daya tubuh belum terlalu baik.

    1. Hindari tempat ramai
    Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan menghindari tempat ramai. Ketika Anda akan membawa anak selama masa penyebaran virus ini maka pastikan untuk memilih tempat yang tepat. Seperti dengan menghindari tempat yang ramai apabila Anda akan memutuskan untuk membawa anak Anda. Misalnya saja bagi Anda yang akan belanja di supermarket tidak perlu untuk membawa anak karena akan ada banyak orang. Oleh karena itulah apabila tidak sangat urgent maka sebaiknya jangan bawa anak selama masa penyebaran virus corona yang masih marak seperti sekarang ini.

    1. Selalu dekat dengan ibu
    Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan agar anak dapat terhindar dari penularan virus covid-19 adalah selalu dekat dengan ibu. Pastikan bahwa ketika membawa anak ke luar rumah, ibu ada untuk menggendongnya. Seperti ketika membawa anak maka bisa membuat tubuhnya tetap dekat dengan tubuh ibu, sedangkan apabila menggunakan stroller atau car seat bisa untuk membuat bayi tetap mudah bernafas.

    1. Tidak memberikannya masker
    Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah dengan tidak memberikannya masker. Masker sendiri merupakan salah satu cara untuk menghindari penularan virus covid-19. Akan tetapi hal ini efektif untuk orang dewasa, sedangkan bagi anak-anak terutama yang berada di bawah usia 2 tahun sendiri sangat tidak disarankan untuk memakai masker. Hal tersebut karena banyak bahaya yang dapat mengancam anak seperti mengalami sesak nafas hingga dapat menimbulkan kematian. Selain itu juga tidak ada ukuran yang cocok untuk anak-anak, sehingga cara yang paling efektif memang dengan menghindari anak bepergian dari rumah.
Beberapa hal tersebut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona agar anak tetap aman dan tidak tertular virus ini. Karena seperti yang telah dijelaskan bahwa virus ini akan lebih mudah menyerang anak yang mempunyai imun tubuh belum sempurna.

Selain itu cara lainnya yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah dengan berkonsultasi lewat Halodoc sehingga akan mendapatkan saran terbaik untuk dapat menghindarkan buah hatinya agar tidak tertular virus covid-19.

Oke, semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan sampai penyakit ini hinggap ke ke tubuh anak-anak, karena sama rentannya seperti tubuh orang tua. Tetap jaga kesehatan dan selalu tinggal di rumah.

Untuk tips kesehatan orang dewasa bisa diakses Lagenda Mahsuri.***[]

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya ya...
EmoticonEmoticon