Pengantar Komunikasi Politik

gambar dari tetangga sebelah
Akhir bulan januari 2012, SOPA dan PIPA pernah menjadi trending topic di twitter. SOPA atau kependekan dari  Stop Online Piracy Act dan  PIPA sendiri kependekan Protect Intellectual Property Act merupakan Rancangan Undang-undang yang diajukan salah satu anggota parlemen Amerika Serikat guna membatasi kebebasan informasi yang tersebar melalui internet atau
secara halusnya merupakan semacam Rancangan undang-undang perlindungan terhadap karya cipta agar tidak ditiru dan dikopi paste begitu saja tanpa adanya izin atau transaksi dengan pemilik hak cipta tersebut. Di Indonesia sendiri semacam undang-undang hak cipta dan UU ITE. Munculnya SOPA dan PIPA mengundang reaksi keras dari para aktifis dunia maya dan lembaga/ yayasan enterprise sosial yang berkaitan dengan penyebaran konten seperti Wikipedia. Wikipedia berbahasa Inggris sempat spacenya ditutup dengan/ blank yang menunjukan keprihatinan lembaga penyedia informasi konten gratis global tersebut.
          Dalam konteks politik, munculnya SOPA dan PIPA sendiri tidak sekedar untuk “melindungi” para creator dunia maya yang karyanya digandakan oleh aktifis dunia maya lainnya tanpa tanpa seizing penulisnya. Para creator tersebut tentu saja adalah bagian dari warga suatu Negara yang memiliki hak untuk dilindungi oleh Negara sebagai pengendali kekuasaan. Akan tetapi dibalik itu semua, Negara sendiri perlu menjamin keamanan dirinya sendiri agar kekuasaan yang telah dimilikinya tidak digoyahkan oleh lembaga atau perorangan sehingga membayakan posisi duduknya yang nyaman. Hal ini pernah dilakukan oleh Julian Assange, pendiri wikileaks.com. Julian Assange bersama situsnya menyebarkan konten-konten yang dianggap rahasia oleh Negara di berbagai belahan dunia. Namun setelah Julian Assange dipenjarakan, wikileaks.com tidak menunjukan kembali gerigi tajamnya.
Dalam konteks komunikasi, baik Julian Assange atau wikileaks.com sendiri adalah sebagai komunikator yang melakukan penyebaran pesan-pesan politik karena membahayakan posisi seseorang/ lembaga/ negara tertentu. Tidak sedikit rahasia Negara yang berkaitan dengan Negara “penjajah” dibocorkan oleh wikileaks.com. Salah satu dokumen yang dibocorkan adalah tentang kebohongan yang dilakukan oleh Amerika berkaitan dengan senjata biologis yang dimiliki oleh Irak bahwa sebenarnya hal tersebut adalah sebagai siasat saja, Karena pada dasarnya senjata itu memang tidak pernah ditemukan oleh AS.
Jika pesan-pesan yang disebarkan oleh wikileaks tersebut mampu membentuk opini public, maka kemungkinan besar terpaan komunikasi tersebut akan merubah persepsi khalayak sehingga mengubah sikap dan perilaku khalayak terhadap Negara dan pemerintah. Jika hal ini terjadi tentu saja sangat berbahaya bagi Negara ataupun pemerintah. Posisi seseorang/ lembaga/ atau Negara bisa jatuh baik secara citra atau pun secara posisi, karena public sudah tidak percaya.
Merujuk pada konteks komunikasi politik, berkaitan dengan wacana di atas maka ada beberapa dimensi yang terkait antara komunikasi dan politik. Pertama adanya keterlibatan unsure-unsur komunikasi seperti sumber, pesan, media, penerima, tanggapan balik, dan lingkungan. Kedua adanya keterlibatan unsur-unsur dari politik yaitu institusi, kekuasaan, dan kebijakan. Institusi yang terlibat adalah saat dokumen yang dibocorkan tersebut merupakan milik dari sebuah lembaga sementara, lembaga merupakan media perorangan atau kelompok dalam menjalan kekuasaannya sedangkan pesan/ isi dokumen merupakan kebijakan yang telah dibuat oleh lembaga tersebut.
Dengan demikian jika dikaji berdasarkan persfektif komunikasi politik, RUU—SOPA dan PIPA merupakan sebagai salah satu cara penguasa dalam mengendalikan warganya agar kekuasaannya tidak terancam.


Definisi Komunikasi Politik
Menurut Hafied Cangara (2011), mendefinisikan Komunikasi Politik tidak semudah membicarakan gerakan politik. Kesulitan itu muncul karena ada dua konsep yang  mengusung disiplin ilmu ini, yakni konsep komunikasi dan konsep politik. Kedua disiplin ilmu ini seringkali memunculkan masalah saat orang membicarakan konsep komunikasi politik. Jika orang komunikasi yang membicarakannya maka disiplin komunikasinya akan dominan, namun jika orang politik yang membicarakannya maka yang dominan adalah disiplin politiknya.
Kajian komunikasi politik awanya berawal pada ilmu politik, meskipun penamaan lebih banyak dikenal dengan istilah propaganda. Propaganda sendiri dipandang sebagai suatu bentuk kejahatan seperti perbuatan amoral.  Namun setelah Harold D. Laswell menulis Desertasi Doktornya berjudul Propaganda technique in the Word War (1927) penguasa saat itu yang menghadapi perang dunia II menjadikan propaganda sebagai bagian dari strategi komunikasi politiknya. Ilmuwan seperti Laswell, Schramm dll dijadikan sebagai salah satu konsultannya.
           Komunikasi politik pada dasarnya merupakan sebuah  studi interdisipliner yang dibangun atas berbagai disiplin terutama ilmu komunikasi dan ilmu politik. Menurut Lucian Pye (Cangara, 2011), antara komunikasi dan politik memiliki hubungan yang erat dan istimewa karena berada dalam domain politik dengan menempatkan komunikasi pada posisi sangat pundamental. Galnoor mengatakan bahwa  bahwa tanpa adanya komunikasi, tidak akan ada usaha bersama, dengan demikian tidak akan ada politik. Dahlan (1999) mengemukakan bahwa komunikasi politik adalah suatu bidang atau disiplin yang menelaah perilaku dan kegiatan komunikasi yang bersifat politik, mempunyai akibat politik, atau berpengaruh terhadap perilaku politik.
Meadow dalam Nimmo (2004) membuat definisi bahwa “political communication refers to any exchange of symbol or massages that to significant extent have been shaped by or have consequences for political system”. Meadow memberi tekanan bahwa symbol-simbol atau pesan yang disampaikan itu secara signifikan dibentuk atau memiliki konsekuensi terhadap sistem politik. Sementara McNair (Cangara, 2011) menyatakan bahwa komunikasi politik adalah murni membicarakan tentang alokasi sumber daya public yang memiliki nilai, apakah itu nilai kekuasaan atau nilai ekonomi, petugas yang memiliki kewenangan untuk memberikan kekuasaan dan keputusan dalam pembuatan undang-undang aturan, apakah itu legislative atua eksekutif, serta sanksi-sanksi, apakah itu dalam bentuk hadiah atau benda. Menurut Doris Graber (Cangara, 2011) menyatakan bahwa komunikasi politik tidak hanya retorika, tetapi juga mencakup symbol-simbol bahasa, seperti bahasa tubuh serta tindakan-tindakan politik misalnya boikot, protes dan unjuk rasa. Dengan demikian maka komunikasi politik dapat diartikan sebagai proses penciptaan symbol dan lambang yang berisi pesan  politik dari seorang, kelompok, atau lembaga kepada orang lain, kelompok atau lembaga untuk membuka wawasan atau cara berpikir, sehingga membentuk sikap dan perilaku tertentu seperti yang ditargetkan. Oleh karena itu komunikasi politik berimplikasi dan memiliki konsekuensi  pada aktivitas politik.
Adapun hakikat komunikasi politik harus berimplikasi pada kepentingan bangsa dan Negara bukan kepentingan perorangan atau kelompok tertentu. Karena pada dasarnya cita-cita dari suatu politik seperti diungkapkan oleh Cangara adalah untuk menciptakan individu yang memiliki komitmen untuk menjadi negarawan yang dilandasi software keikhlasan dan kejujuran dan hardware untuk membangun sumber daya manusia.
Sebagai sebuah aktifitas, komunikasi politik memiliki fungsi strukturan dan cultural seperti diungkapkan oleh Sumarno (1993) fungsi komunikasi politik dapat dibedakan kepada dua bagian. Pertama, fungsi komunikasi politik yang berada pada struktur pemerintah (suprastruktur politik) atau disebut pula dengan istilah the governmental political sphere, berisikan informasi yang menyangkut kepada seluruh kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Isi komunikasi ditujukan kepada upaya untuk mewujudkan loyalitas dan integritas nasional untuk mencapai tujuan negara yang lebih luas. Kedua, fungsi yang berada pada struktur masyarakat (infrastruktur politik) yang disebut pula dengan istilah the socio political sphere, yaitu sebagai agregasi kepentingan dan artikulasi kepentingan, dimana kedua fungsi tersebut sebagai proses komunikasi yang berlangsung di antara kelompok asosiasi dan proses penyampaian atau penyaluran isi komunikasi terhadap pemerintah dari hasil agregasi dan artikulasi tersebut.
Sementara itu menurut McNair dan Goran (Cangara, 2011) fungsi komunikasi politik adalah sebagai berikut:
1.    Memberikan informasi kepada masyarakat terhadap usaha-usaha yang dilakukan lembaga politik maupun dalam hubungannya dengan pemerintah dan masyarakat.
2.    Melakukan sosialisasi tentang kebijakan, program dan tujuan lembaga politik.
3.    Memberi motivasi kepada politisi, fungsionaris, dan para pendukung partai.
4.    Menjadi platform yang bisa menampung ide-ide masyarakat, sehingga menjadi bahan pembicaraan dalam bentuk opini public.
5.    Mendidik masyarakat dengan pemberian informasi, sosialisasi tentang cara-cara pemilihan umum dan penggunaan hak mereka sebagai pemberi suara.
6.    Menjadi hiburan masyarakat sebagai pesta demokrasi dengan menampilkan para juru kampanye, artis dan para komentator atau pengamat politik.
7.    Memupuk integrasi dengan mempertinggi rasa kebangsaan guna menghindari konflik dan ancaman berupa tindakan separatis yang mengancam persatuan nasional.
8.    Menciptakan iklim perubahan dengan mengubah struktur kekuasaan melalui informasi  untuk mencari dukungan masyarakat luas terhadap  gerakan reformasi dan demokratisasi.
9.    Meningkatkan aktivitas politik masyarakat melalui  siaran berita, agenda setting, maupun komentar-komentar politik.
10.  Menjadi Watchdog atau anjing penjaga dalam membantu terciptanya good governance yang transparan dan akuntabel.

Kajian komunikasi politik pada tingkat teknis komunikasi menyangkut kiat, bagaimana membuat isu, rumor, angle camera/ framing dll. Pada tingkat terapan komunikasi berkembang dari tingkat teori ke praktik seperti penggunaan analisis isi untuk mengukur efektifitas komunikasi politik, survey politik dll. Sedangkan pada tingkat teoritis, komunikasi politik menguji  kesahihan teori komunikasi pada tingkat politik.

Referensi:
Hafied Cangara. 2011. Komunikasi Politik. Jakarta: Rajawali Press.
Dan Nimmo. 2006. Komunikasi Politik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Silih Agung W. 2011. Political Branding. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

43 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
Mar 6, 2012, 5:57:00 AM delete

Menurut saya, FILM THE IDES OF MARCH ini patut dijadikan sebagai salah satu cermin panasnya dunia perpolitikan hari ini, mungkin tidak hanya untuk di Indonesia, namun juga bagi dunia. betapa tidak disini dijelaskan bagaimana seseorang dapat meraih kekuasaan dengan segala cara. Tanpa menghiraukan apakah jalan itu baik atau buruk, yang penting kekuasaan itu diraih.

Dikisahkan, Stephen Meyers (Ryan Gosling) yang direkrut menjadi tim sukses Gubernur Mike Morris (George Clooney) saat ia mencalonkan diri menjadi presiden. Suatu ketika Stephen dihubungi Tom Duffy (Paul Giamatti), manajer kampanye kompetitor Mike Morris. Tom berusaha merekrut Stephen namun Stephen tak bersedia. Di luar pengetahuan Stephen, Tom Duffy ternyata punya rencana lain. Tom yakin tak lama lagi Stephen bakal dipecat dan itu artinya ia bakal lebih mudah menjatuhkan Mike Morris.
Stephen memang diberhentikan dan yang lebih parah lagi ia mengetahui kalau Mike Morris sempat punya hubungan gelap dengan Molly (Evan Rachel Wood) dan kini Molly tewas bunuh diri. Stephen Meyers punya dua pilihan. Ia bisa saja pergi jauh-jauh dari karier politiknya namun di saat yang sama Stephen juga bisa memanfaatkan apa yang ia tahu untuk kembali mendapatkan pekerjaannya semula.

Setelah saya melihat alur dari film terebut ternyata ada satu ungkapan yang bisa mewakili kisah dari film politik ini, bahwasannya, “TIDAK ADA KAWAN DAN LAWAN YANG SEJATI”. Kita bisa lihat bahwa Stephen yang tadinya ia hanya menjadi tim sukses dari Morris, namun karena berbagai tekanan kondisi maka ia berani mencalonkan diri menjadi presiden, dan pada akhirnya kondisi ini menjadi amat kontras ketika yang terpilih menjadi presiden adalah mantan tim suksesnya sendiri. Bagi Morris mungkin hal ini bisa jadi sebuah tamparan keras yang memalukan bagi karir politiknya, namun apa boleh buat, inilah POLITIK.

by : TOTOH TPHARY|HUMAS B/IV

Reply
avatar
Mar 6, 2012, 4:42:00 PM delete

pa tugas Komunikasi Politik sudah saya post kan di blog saya

http://herdyaang.blogspot.com/2012/03/ides-of-march-untuk-tugas-mata-kuliah.html

Herdiana (1210406021) Humas A SMT IV

Reply
avatar
WILDANZA
AUTHOR
Mar 6, 2012, 4:46:00 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Novia Aryani
AUTHOR
Mar 6, 2012, 4:48:00 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Novia Aryani
AUTHOR
Mar 6, 2012, 4:50:00 PM delete

The Ides Of March adalah sebuah film yang menceritakan tentang kehidupan polemik seorang penanggung jawab kampanye Stephen Meyers terhadap kampanye gubernur Mike Morris yang mencalonkan diri sebagai Presiden di Amerika.

Tom Duffy manajer kompetitor Mike Morris berusaha untuk merekrut Stephen menjadi bagian kubu tim kampanye Tom. Namun Stephen menolak. Tom Duffy ternyata punya rencana lain. Tom yakin tak lama lagi Stephen bakal dipecat dan itu ia lebih mudah untuk menjatuhkan Mike Morris. Stephen memang diberhentikan, dan terlebih dia juga mengetahui aib Mike Morris dari Molly yang sempat dekat dengannya yang ternyata Molly mempunyai hubungan gelap dengan Mike Morris, dan kini Molly bunuh diri.

Sementara Stephen menyimpan sebuah rahasia besar tentang Morris, rahasia yang membuat Stephen sangat sakit hati karena merasa dikhianati oleh orang yang sangat diidolakannya. Apabila rahasia itu terkuak, karier politik Morris hancur. Tindakan-tindakan yang diambil Stephen selanjutnya menunjukkan bahwa setiap orang mampu berbuat apapun jika disakiti terlalu dalam. Setelah dia berhenti dari tim kampanye Mike Morris ia pun tidak diterima di kubu tom Duffy. Stephen memiliki dua pilihan, antara berhenti atau melanjutkan kariernya atau dengan memanfaatkan apa yang ia ketahui untuk melanjutkan kariernya.

Dalam film ini menggambarkan betapa para politikus mengkhianati konstintuen mereka, pasangan hidup mereka, dan kehormatan mereka sendiri.


NOVIA ARYANI/ 1210406037/ HUMAS B/ IV

Reply
avatar
WILDANZA
AUTHOR
Mar 6, 2012, 4:51:00 PM delete

Assalamualaikum...
Pak komentar Film THE IDEAS OF MARCH sudah diposting di blog saya...huft

http://wildanza.blogspot.com/2012/03/tugas-komunikasi-politik.html

WILDAN FIRDAUS
HUMAS IV B
1210406061

Reply
avatar
Ratu Aisyah
AUTHOR
Mar 6, 2012, 4:53:00 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Novia Aryani
AUTHOR
Mar 6, 2012, 5:00:00 PM delete

http://noviaaryanii.blogspot.com/2012/03/resensi-fil-ides-og-march.html

NOVIA ARYANI
1210406037
HUBUNGAN MASYARAKAT B SEMESTER IV

Reply
avatar
Mar 6, 2012, 5:07:00 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Mar 6, 2012, 5:10:00 PM delete

RESUME FILM THE IDES OF MARCH , SALIK MARDIYYAH
RESUME FILM THE IDES OF MARCH
Menurut saya film THE IDES OF MARCH merupakan sebuah film mengenai cara , taktik , siasat yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan kekuasaan , kedudukan politik yang hendak diraih. Entah itu caranya baik , buruk , kawan atau lawan semua menjadi halal demi jalan meraih kekuasaan yang hendak diraih.
Seseorang yang bernama stephen dipilih dan diangkat menjadi tim sukses seorang Gubernur yang bernama Mike Morris ketika Mike Morris tersebut mencalonkan diri menjadi presiden , karena Mike Morris menganggap harus mempunyai tim kampanye yang kuat untuk misi nya menjadi seorang presiden dan Stephen lah yang dianggap orang yang paling tepat .awal mula dari situlah yang membuat Stephen menemui beberapa masalah di dalam hidupnya , sampai pada akhirnya karier politik Stephen berada di ujung tombak .
Di sisi lain ada seseorang yang bernama Tom Duffy seseorang yang menjadi pesaing utama untuk Mike Morris , Tom berusaha untuk merebut Stephen agar Stephen menjadi tim sukses kampanye politiknya, barpindah haluan dari Mike Morris , namun cara yang ditempuh oleh Tom bisa dikatakan licik ia memanfaatkan situasi keadaan karier Stephen yang sedang berada di ujung tombak untuk memaksanya agar ikut menjadi tim suksesnya .Salah satunya dengan cara menyeret masalah pribadi Stephen dan Molly mantan pacarnya yang ternyata juga mempunyai hubungan gelap dengan Mike Morris . Akhirnya Stephen berada dalam kegamangan ,ia pun berusaha agar karier politik nya yang sedang berada di ujung tombak cepat kembali ke keadaan stabil dan berusaha agar lepas dari jeratan licik Tom .
Dari film tersebut dapat saya lihat, dalam dunia politik KINI sangatlah sulit menemui seseorang yang dengan bersihh seratus persen meraih kedudukan yang ia raih , jalan apapun dilakukan dan rasanya halal halal saja baginya tanpa melihat efek baik buruknya bagi orang lain .

SALIK MARDIYYAH
121 0406 052
HUMAS B

http://salikmardiiyyaa.blogspot.com/

Reply
avatar
tijani.naufal
AUTHOR
Mar 6, 2012, 5:30:00 PM delete

asalamualaikum pak, ini link buat ke blog saya
NAUFAL TIJANI
1210406035
HUMAS B

http://tijaninaufal.blogspot.com/2012/03/review-tugas-komunikasi-politik.html

Reply
avatar
sovyratnawati
AUTHOR
Mar 6, 2012, 5:34:00 PM delete

assalamualaikum, pak
ini tugas komunikasi politik
SOVY RATNAWATI
1210406054
Humas B/ semester 4

http://sovyratnawati.blogspot.com/2012/03/ides-of-march-review-komentar.html

Reply
avatar
Mar 6, 2012, 5:34:00 PM delete

NAMA : REFTA SILVIA AGESTI
NIM : 1210406043
KELAS : HUMAS B / 4
JURUSAN : ILMU KOMUNIKASI HUMAS
KOMUNIKASI POLITIK

JUDUL FILM : THE IDES OF MARCH

pa ini link untuk ke blog saya


http://retvasilvia.blogspot.com/2012/03/resume-film-ides-of-march.html

Reply
avatar
anggiansbloge
AUTHOR
Mar 6, 2012, 5:45:00 PM delete

assalammualaikum wr.wb
pa ini link untuk tugas komunikasi politik saya
Muhammad Anggi S R
1210406033
Humas B

http://anggiansbloge.blogspot.com/2012/03/tugas-komunikasi-politik.html

Reply
avatar
chaverboyz
AUTHOR
Mar 6, 2012, 5:55:00 PM delete

assalamualaikum, pak
ini tugas komunikasi politik
Rezsa Yushardiansyah
1210406044
Humas B/ semester 4


http://chaverboyz.blogspot.com/2012/03/ides-of-march.html

Reply
avatar
ubi_xumis
AUTHOR
Mar 6, 2012, 6:43:00 PM delete

REVIEW THE IDES OF MARCH
mangga di aos. oleh rizal hasrul sidik
humas/4/b
1210406049
komen balik nya pak.hehehe nuhun assalamualaikum

http://ubiberxumis.blogspot.com/2012/03/review-ides-of-march.html

Reply
avatar
Mar 6, 2012, 7:05:00 PM delete

http://mangzali.blogspot.com/2012/03/review-ides-of-march.html
muhamad rozali
nim : 1210406034
humas B semester IV

Reply
avatar
Mar 6, 2012, 8:21:00 PM delete

http://rachocopasto.blogspot.com/

Reply
avatar
Mar 6, 2012, 11:05:00 PM delete

http://simplywriting0.wordpress.com/2012/03/06/review-the-ides-of-march/

Firman Akbar Setiawan
NIM. 1210406014
Humas A
Review : The Ides of March

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 2:09:00 AM delete

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bismillahirahmanirahim.....

Ilmu Komunikasi Humas|Semester IV (EMPAT)|Kelas B
PUTRA PERDANA ARDIYANTO|NIM : 1210406040
Review Movie : The Ides of March | Tugas Komunikasi Politik

Kesimpulan yang saya pelajari dan dapatkan terkait dengan mata kuliah komunikasi politik tugas Mereview Movie : The Ides of March. Dewasa ini Di kehidupan pada ranah Dunia Perpolitikan Tidak bisa dipungkiri kembali Dengan keberadaannya Harta, Tahta, dan Wanita sangat rentan dan fatal serta sakral sekali apabila salah dalam bertindak terhadap jalannya proses politik yang berlangsung. apabila salah dalam bertindak (menyeleweng/di ambang batas koridor) ini semua Dimana Nilai Moral dan Norma - Norma Hukum yang berlaku di masyarakat Sudah tidak di pandang secara etis kembali.

Maka Menjunjung Tingi Konsistensi dan Kredibiklitas dan kredibilitas serta proffesional yang terkait di bidangnya sesuai dengan nilai moral dan norma hukum yang berlaku di masyarakat Dengan Ilmu Pendidikan Intelektual Globalisasi, Ketauhidan (Religius), serta Amal Perbuatan Sholeh yang dapat membantu dan menolong mencerahkan kita pada kesejahteraan, ketentraman kehidupan dunia dan akherat. Syukron, Allahuma Amien Ya Rabbalamien.....

Untuk Lebih Jelasnya Dalam Pemaparan Tugas Komunikasi Politik Review Movie : The Ides of March hayuuuuukkkkk mari kita mampir ke : http://mphuwtz.blogspot.com/2012/03/review-ides-of-march-movie-komunikasi.html

Hatur Nuhun, Terima Kaih Banyak Kesempurnaan hanyalah milikNYA (Allah SWT) dan kekurangan pastinya ada di diri saya sendiri pribadi. Kurang lebih hanya ini saja singkatnya yang saya argumenkan.

Wabillahitaufiq WalHidayah Wassalamu'alaikum Wr. Wb. :-D

Reply
avatar
IJAL DOLIN
AUTHOR
Mar 7, 2012, 5:45:00 AM delete

Rijal Muhamad Abduh
1210406045
HUMAS IV B

http://ijaldolin.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march.html

Reply
avatar
SURYA
AUTHOR
Mar 7, 2012, 5:54:00 AM delete

Surya Dwi Putra
1210406055
HUMAS IV B

http://suryadwiputra.blogspot.com/2012/03/komentar-film-ides-of-march.html

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 10:24:00 AM delete

http://rischacahaya.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march_06.html

Risca Nur Fitriani
NIM. 1210406047
Humas B/IV

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 10:29:00 AM delete

http://rischacahaya.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march_06.html

Risca Nur Fitriani
NIM. 1210406047
Humas B/IV

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 11:43:00 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Mar 7, 2012, 11:47:00 AM delete

asalamualaikum . .

octora tri wahyuni

1210406038

Humas/IV/b

film,yang berjudul ''the ideas of march'' menceritakan tentang sistem politik yang diadakan di Negara amerika dimana dalam pemilihannya terdapat kasus kecurangan dari oknum- oknum tertentu yang ingin menguasai seluruh kekayaan dari wilayah negara tersebut.bahkan ada salah seorang wanita yang bernama ''milly''ia menjadi korban dari seorang pria karena hanya ingin partainya menang dan terpilih sebagai presiden.ia terjerat juga pada cinta karena ada seorang pria dari partai lain yang menyukainya, hidupnya penuh dengan kebimbangan antara memilih cinta atau pekerjaannya.dan dsini juga terdapat 'money politik'berbagai cara dihalalkan oleh uang memang sunggu ironis sistem pemerintahan yang ada di Negara tersebut.seorang pemimpin yang hanya memeikirkan kehidupannya sendiri tanpa memperdulikan rakyatnya.hingga pada akhirnya perempuan yang bernama miily tersebut harus rela mengkorbankan nyawanya demi seorang pria yang dicintainya.dan pemerintahan pun jatuh ketangan seorang pria yang bernama 'steaven''.

Reply
avatar
danis
AUTHOR
Mar 7, 2012, 12:14:00 PM delete

pak ni tugas danis wisnu sudsah diposting diblog saya

http://daniswisnupermadi.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march.html

danis wisnu permadi sem.4 1210406006 HUMAS A

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 12:43:00 PM delete

pak ini tugas luthfi ardi sumirat sudah di post kan di blog saya

http://luthfiardisumirat.blogspot.com/2012/03/ides-of-march-untuk-memenuhi-tugas-mata.html

luthfi ardi sumirat 1210406025
Humas A/IV

Reply
avatar
kang_hajitea
AUTHOR
Mar 7, 2012, 12:53:00 PM delete

Assalamualaikum pa, ini tugas review film fahmi sudda di posting di blog saya, mohon ceck

http://kanghajitea.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march.html

Nama : moch fahmi fauzi
Nim : 1210406031
Jurusan : Ilmu Komunikasi Humas A Sem IV

Reply
avatar
tresnasatia
AUTHOR
Mar 7, 2012, 1:09:00 PM delete

assalamualaikum Wr.Wb
saya tresna satia ramadhan
1210406060
ilmukomunikasi humas ( B )
semester 4

http://tresnasatia.blogspot.com/

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 1:32:00 PM delete

http://riskaaindriani.blogspot.com/

riska indriani nugraha
1210406048
Humas B/IV

Reply
avatar
skinhead
AUTHOR
Mar 7, 2012, 1:46:00 PM delete

Assalamualaikum Wr.Wb
Rly ilham akbar
1210406051
Ilmu komunikasi humas (B)
semester IV
http://rulyskinhead.blogspot.com/

Reply
avatar
Mar 7, 2012, 1:59:00 PM delete

Assalamu'alaikum Bapak.

Review Film The Ides of March sudah saya post di blog saya, terimakasih bapak.

http://winnifadhila.blogspot.com/2012/03/film-ides-of-march.html

Winni Fadhila Sari
1210406062
Humas B/IV

Reply
avatar
Ratu Aisyah
AUTHOR
Mar 7, 2012, 3:26:00 PM delete

Assalamualaikum..
Bapak ini tugas saya,,

Resume :
FILM THE IDES OF MARCH
Dari ceritanya sendiri Stephen Meyers (Ryan Gosling) adalah seorang lelaki yang mempunyai bakat di dunia politik sebagai tim sukses, dan maka itu lah dia dipilih langsung untuk mensukseskan GubernurMike Morris (George Clooney) menjadi salah satu calon presiden. Pekerjaan yang dapat menghasilkan popularitas dan banyak uang namun dia tidak mengira akan masuk kedalam hal yang sulit.
Diceritakan Suatu ketika Stephen dihubungi Tom Duffy (Paul Giamatti), manajer kampanye kompetitor Mike Morris. Tom berusaha merekrut Stephen namun Stephen tak bersedia. Di luar pengetahuan Stephen, Tom Duffy ternyata punya rencana lain. Tom yakin tak lama lagi Stephen bakal dipecat dan itu artinya ia bakal lebih mudah menjatuhkan Mike Morris.
Stephen memang diberhentikan dan yang lebih parah lagi ia mengetahui kalau Mike Morris sempat punya hubungan gelap dengan Molly (Evan Rachel Wood) dan kini Molly tewas bunuh diri. Stephen Meyers punya dua pilihan. Ia bisa saja pergi jauh-jauh dari karier politiknya namun di saat yang sama Stephen juga bisa memanfaatkan apa yang ia tahu untuk kembali mendapatkan pekerjaannya semula.
Disini terlihat orang-orang politik yang haus akan kekuasaan dan kekayaan berlimpah dengan tidak melihat bahwa jalan yang ditempuhnya itu salah mulai dari ambisi sang calon gubernur, saat berkampanye dan berpidato untuk mendapatkan simpati, bagaimana tim kampanye menyusun strategi, dan apa strategi untuk melawan calon yang lain. Dan seorang yang berjuang jungkir balik mati-matian untuk memenengangkan calon presiden dalam pemilihan presiden.

Ratu Aisyah
1210406042
Ilmu Komunikasi Humas/Semester 4/Kelas B
http://www.blogger.com/home

Reply
avatar
Heri Yanto
AUTHOR
Mar 7, 2012, 4:37:00 PM delete

pak ini link blog saya http://heriyanz.blogspot.com/2012/03/resume-tentang-film-ideas-of-march.html

Reply
avatar
jebe
AUTHOR
Mar 8, 2012, 3:24:00 PM delete

Tugas Komunikasi Politik
Jibriliantin Agni A (1210406024)
Humas A Semster 4
movie review 'the ides of march'
http://jibrilbukanmalaikat.blogspot.com/#!/2012/03/movie-review-ides-of-march.html

Reply
avatar
Mar 8, 2012, 5:42:00 PM delete

Tugas Politik
Fauzan Raudatul Hayat. Humas Semester IV.
NIM 1210406013
http://yusufstevanus.blogspot.com/2012/03/ideas-of-march-serta-kaitannya-dengan.html

Reply
avatar
carlina ulfah humas A semester 4
AUTHOR
Mar 8, 2012, 6:56:00 PM delete

carlina ulfah
humas A semester 4
1210406005
komunikasi politik
sinopsis film The Ides of March
http://carlinaulfah.blogspot.com/2012/03/resume-film-ides-of-march.html

Reply
avatar
fitri
AUTHOR
Mar 8, 2012, 7:10:00 PM delete

pak ini Tugas yang Fitri mohon di cek.

http://fitri-aprilly.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march.html

Fitri Aprilly Sri M.S (1210406015)
Humas A/IV

Reply
avatar
Mar 9, 2012, 6:27:00 AM delete

Tugas Entus Nuryana Ahmad Humas A semester 4 ...
1210406010

http://tuzahmad.blogspot.com/2012/03/analisis-film-ides-of-march.html

Reply
avatar
Ratu Aisyah
AUTHOR
Mar 11, 2012, 4:31:00 PM delete

ini pakk tugas susulan sayaa,,yg diatas ga kelihatan komentar nyaa....

Tugas Komunikasi Politik . . .

Resume : FILM THE IDES OF MARCH
Dari ceritanya sendiri Stephen Meyers (Ryan Gosling) adalah seorang lelaki yang mempunyai bakat di dunia politik sebagai tim sukses, dan maka itu lah dia dipilih langsung untuk mensukseskan GubernurMike Morris (George Clooney) menjadi salah satu calon presiden. Pekerjaan yang dapat menghasilkan popularitas dan banyak uang namun dia tidak mengira akan masuk kedalam hal yang sulit.
Diceritakan Suatu ketika Stephen dihubungi Tom Duffy (Paul Giamatti), manajer kampanye kompetitor Mike Morris. Tom berusaha merekrut Stephen namun Stephen tak bersedia. Di luar pengetahuan Stephen, Tom Duffy ternyata punya rencana lain. Tom yakin tak lama lagi Stephen bakal dipecat dan itu artinya ia bakal lebih mudah menjatuhkan Mike Morris.
Stephen memang diberhentikan dan yang lebih parah lagi ia mengetahui kalau Mike Morris sempat punya hubungan gelap dengan Molly (Evan Rachel Wood) dan kini Molly tewas bunuh diri. Stephen Meyers punya dua pilihan. Ia bisa saja pergi jauh-jauh dari karier politiknya namun di saat yang sama Stephen juga bisa memanfaatkan apa yang ia tahu untuk kembali mendapatkan pekerjaannya semula.
Disini terlihat orang-orang politik yang haus akan kekuasaan dan kekayaan berlimpah dengan tidak melihat bahwa jalan yang ditempuhnya itu salah mulai dari ambisi sang calon gubernur, saat berkampanye dan berpidato untuk mendapatkan simpati, bagaimana tim kampanye menyusun strategi, dan apa strategi untuk melawan calon yang lain. Dan seorang yang berjuang jungkir balik mati-matian untuk memenengangkan calon presiden dalam pemilihan presiden.

Ratu Aisyah
1210406042
Ilmu Komunikasi Humas/Semester 4/Kelas B

Reply
avatar
Dico Wahyu Novianto
AUTHOR
Mar 13, 2012, 6:07:00 PM delete

Tugas Komunikasi Politik Dico Wahyu Novianto Humas A Semester 4

http://dicowahyunovianto.blogspot.com/2012/03/pesan-politik-film-ides-of-march.html

Reply
avatar
Mar 15, 2012, 9:47:00 AM delete

ini link blog saya pak
http://hendrawahyudhi.blogspot.com/2012/03/review-film-ides-of-march.html

Hendra Wahyudi
1210406020
Humas A
Semester IV

Reply
avatar

Salam. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga jadi silaturahmi. Tunggu saya BW balik ya. Terima kasih EmoticonEmoticon