Eksotisme Tempat Wisata Kota Kediri

Pesona Kediri saat malam. Sumber: initempatwisata.com
KEDIRI! Apa yang pertama kali terlintas dibenak kita saat mendengar Kota Kediri? Hmmm saat saya masih unyu-unyunya ABG, Kediri identik dengan Pabrik Rokok. Rokok yang gambarnya ada rel itu loh. Tapi saat saya selesai kuliah, satu yang diingat dari Kediri adalah Kampung Pare, tempat berkumpulnya lembaga bahasa. Banyak teman-teman saya yang sukses setelah pulang dari Kediri.

Waw ternyata kota yang satu ini merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Malang dan Surbaya. Selain rokok, kota ini merupakan pusat perdagangan gula terbesar di Indonesia. Banyak masyarakatnya yang hidupnya ditopang oleh penghasilan dari bekerja di kedua industri ini. Awal tahun 2014 kediri sempat menjadi trending topic dan beberapa headline di media massa maupun online. Tidak lain karena meletusnya Gunung Kelud.

Meletusnya Gunung Kelud menjadikan kota ini banyak di sorot media kala itu. Pasca meletusnya gunung tersebut, Kediri mulai ramai dikunjungi wisatawan karena ternyata terdapat beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Meski namanya tak setenar dengan tempat-tempat wisata di Jawa Timur lainnya, tempat wisata di Kediri memiliki pesonanya tersendiri. Bahkan bagi saya sendiri, tempat wisata di Kediri sangat unik dan bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia bahkan mancanegara. 

Tapi tidak asyik jika mengunjungi kota ini hanya sehari saja, minimal 2 atau tiga hari agar tempat-tempat eksotis tersebut bisa kita layap semua. Hmmm daaan, sebagai kota besar. Kediri sudah menyiapkan segala fasilitas hotel ataupun penginapan. Ini dampak dari populernya Kediri pasca Gunung Kelud meletus. 

Di Kota ini terdapat banyak hotel dengan beragam fasilitas dan harga yang bisa dibooking saat berkunjung ke Kota ini. Biar mudah pengunjung disarakan melakukan Booking hotel secara online, saya rekomendasikan untuk melakukan booking di traveloka. Agar lebih memudahkan wisatawan dalam mencari hotel yang diinginkan. 

Jika sudah memesan hotel, pengunjung bebas bepergian kemanapun untuk  mengunjungi tempat wisata yang ada di Kediri. Agar tidak terlewat tempat-tempat yang memesona tersebut, berikut adalah beberapa tempat wisata eksotis untuk di Kunjungi di Kota Kediri:

Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen ini adalah salah tempat wisata yang cukup terkenal di Kota Kediri. Monumen ini disebut-sebut mirip dengan sebuah bangunan yang ada di Paris, Arc de Triomphe. Bangungan ini terbilang baru karena dibangun pada tahun 2003 dan diresmikannya baru pada tahun 2008. Monumen ini kerap dijadikan tempat menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga pada malam hari.
Pemandangan monument ini akan semakin indah jika dilihat pada malam hari. Monumen ini juga merupakan pusat pertemuan dari 5 jalan yang menuju kelima daerah yang ada di Kediri seperti Gampangrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten. Saat malam hari tiba, segera merapat ke Monumen ini!.
Eksotisme Monumen dengan balutan cahaya lampus. Sumber: liburmulu.com
Gumul Paradise Park
Tak jauh dari lokasi monument, tempat wisata lainnya di Kota Kediri yang dapat kamu kunjungi adalah Gumul Paradise Park. Tempat wisata ini cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Di tempat wisata ini terdapat beberapa wahana seperti flying fox, speed slider, kolam renang, dan lain-lain. Untuk bisa berlibur di tempat wisata ini terbilang cukup murahm tiket masuknya hanya Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp15.000 untuk anak anak.  Ayo ajak keluarga berlibur di Gumul Paradise Park !
Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Sumber: telusurindonesia.com
Goa Selomangleng
Goa Selomangleng adalah tempat wisata bersejarah di Kota Kediri. Letaknya juga tak terlalu jauh dari pusat kota Kediri yaitu di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto. Dahulu menurut cerita, goa ini merupakan tempat mengasingkan diri dan bertama Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci merupakan putri dari Raja Erlangga yang pernah menolak tahta kerajaan saat diwariskan kepadanya. 

Ukiran-ukiran relief begitu mendominasi bangunan-bangunan di Goa ini. Nuansa mistis juga  cukup kuat di Goa ini ditambah dengan bau dupa yang begitu menyengat. Namun nilai sejarah dan ukiran relief ini menjadi pesona yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Goa ini. 
Paling nikmat jika masuk tempat seperti ini, alamnya bikin kita ekstase. Sumber: Kompasiana.com


Museum Fotografi
Tempat wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang hoby fotografi. Di museum ini terdapat ratusan foto Kota Kediri pada zaman dulu. Wajah Kota Kediri pada zaman dahulu akan tergambar dari setiap foto-foto yang ada. Nilai seni dan eksotis pun akan didapatkan saat berkunjung ke museum yang satu ini.
Untuk pecinta Potografi atau yang berprofesi sebagai wartawan, tempat ini wajib dikunjungi. Sumber: wikiwisata.com
Taman Tirtoyoso Kediri
Obyek wisata keluarga lainnya yang ada di Kota Kediri adalah Taman Tirtoyoso. Dahulu taman ini decanal dengan Kolam Renang Kuwak. Letaknya di Jalan Ahma Yani Kota Kediri. Sekarang, di tempat wisata ini bukan hanya fasilitas kolam renang yang dapat dinikmati, terdapat fasilitas lainnya seperti ATV, paintball, dan arena outbond juga tersedia di tempat wisata ini. Tidak ada salahnya mengajak keluarga kamu berkunjung ke tempat ini saat berada di Kota Kediri. 
Sumber: fadjarer.blogspot.com
Apabila kamu dan keluarga membutuhkan hotel dan penginapan untuk akomodasi, tak perlu khawatir di Kota Kediri telah banyak tersedia hotel. Cara memesannya pun sekarang berbagai macam acara ada yang dengan cara online seperti melalui situs Traveloka, atau pesan secara langsung di hotel yang dituju.

Dibalik industri gula dan rokoknya yang terkenal se-Indonesia, Kota Kediri ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya di Jawa Timur. Bagi mahasiswa yang sedang melawat dan belajar di Kampung Pare, jangan lewatkan tempat-tempat ini. Atau bagi siapa saja yang sedang berada di Jawa Timur, Kediri bisa jadi tempat tujuan istimewa.

Jangan lupa juga dengan kuliner Tahu khas Kediri dan Gethuk yang bisa dijadikan oleh-oleh saat kembali pulang. Biar hati Senang, perut pun kenyang, keluarga pun bahagia. Sampai Jumpa di tempat wisata lainnya!.***[inf]

Tulisan wisata lainnya:
- Mereguk Kesejukan Situ Cisanti
- Wisata Sungai Purba
- Ini Talaga Bodas Bukan Kawah Putih
- Menikmati Sore di Cikapundung

Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
evylia hardy
AUTHOR
Jun 18, 2016, 9:28:00 PM delete

Ternyata Kediri seperti ini ya
Ada sih teman di sana, tapi aku belum pernah kunjung ke Kediri

Reply
avatar
Jun 19, 2016, 2:10:00 AM delete

sya pernah main ke SImpang Lima Gumul dan takjub melihat bangunan yang begitu megahnya...aplagi dari parkirannya menuju monumennya tersebut melewati jalur bawah tanah yang menurut saya hal tersebut KEREN :)

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
Jun 19, 2016, 2:34:00 AM delete

sama sekali belum pernak ke kediri aku mah. Oh termasuk koat besar juga ya

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Jun 19, 2016, 5:18:00 AM delete

Iya saya juga baru tau dari info ini mbak evylia hehe

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Jun 19, 2016, 5:19:00 AM delete

Keren ya, jadi pengen. Yu yu yuk!

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Jun 19, 2016, 5:19:00 AM delete

Iya menurut sumber, kota besar ketiga, mau ke sana? Hotelnya katanya murah2

Reply
avatar
Mirwan Choky
AUTHOR
Jun 19, 2016, 9:07:00 AM delete

Kapan ya saya bisa kesini? Salam blogger!

Reply
avatar
Abah Raka
AUTHOR
Jun 23, 2016, 4:30:00 AM delete

Ayo kita ke Kediri Mirwan :)

Reply
avatar

Salam. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga jadi silaturahmi. Tunggu saya BW balik ya. Terima kasih EmoticonEmoticon