Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini!

Sufra Fit adalah motor pertama. Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini! sumber imotorium.com

[www.abahraka.com] -- Saat masih kuliah, hampir 20 tahun lalu, saya memiliki motor titipan dari kakak untuk digunakan keperluan usaha sekaligus kuliah plus juga bantu-bantu keluarga. Karena titipan, jadi selalu terperhatikan servicenya secara rutin.

Nah, saat lulus kuliah, dan mulai punya motor sendiri, sudah mulai harus tanggung jawab sendiri, sementara pekerjaan belum menentu, salah satu yang terdampak dari tanggung jawab itu adalah service motor. Walaupun servis dan ganti oli tidak pernah sampai Rp50.000,00 saat itu, tapi kadang cukup berat juga, apalagi kebutuhannya rutin. Kadang, lewat 3000 km baru ganti Oli kadang lebih. Padahal anjuran bengkel, minimal ganti oli motor setiap 2500 km.

Akhirnya, suatu waktu, knalpot alias exhaust-nya mengeluarkan asap putih, tenaganya pun mulai melempem, dan saat menanjak 30 derajat tidak kuat naik. Alhasil, motornya dibawa ke bengkel. Saat dicek, oli mesinnya sudah tidak menetes lagi.  Dalam hati bergumam, ehmm…olinya sudah lebih dari 3000 km tidak pernah diganti ataupun ditambah, apalagi diservis rutin. Jadi saat tahu mesinnya tidak ada olinya, ya wajar.

Walaupun dalam hati mewajarkan, namun yang menjadi penyesalan, motornya harus turun mesin, sementara turun mesin bisa sepuluh kali lipat dari ganti oli dan servis rutin. Rasa waswas, degdegan, dan ketakutan tidak bisa membayar jasa servis dan onderdil sangat kuat. 

Penyesalan memang tidak pernah datang di awal. itu adalah motor satu-satunya untuk operasional jika ada pekerjaan, jika tidak terbayar gimana harus naik kendaraan umum tambah mahal. Alhasil, dengan mengorek tabungan segitu-gitunya untuk hidup satu bulan, digunakan untuk turun mesin si kuda besi. Sejak saat itulah, Oli mesin selalu rutin saya ganti, dua kali ganti oli langsung servis mesin dan general check up, baik ke bengkel resmi ataupun bengkel umum lainnya.

Namun, belakangan sejak beberapa ganti ban motor rutin dilakukan di Planet Ban, ternyata planet Ban tidak hanya menyediakan jasa ganti ban, juga servis lainnya. Motor baru ataupun motor keluaran lama milik saya selalu ganti Ban di Planet Ban.

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Bicara soal service motor, terdapat delapan (8) bagian yang wajib dicek saat servis motor.

Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini!

Pertama, Oli Mesin. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya. Beberapa bengkel menggratiskan biaya servicenya. Cuma kalau saya biasanya suka beri tips alakadarnya ke mekaniknya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/ retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini! sumber [Planet Ban]

Kedua, Oli Gardan. Oli gardan pada motor matic tidak kalah pentingnya dengan oli mesinnya. Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Ketiga, Busi. Busi dan karburator adalah bagian paling penting dari sebuah mesin motor atau mobil. Tanpa busi kendaraan tidak akan bisa hidup/ menyala. Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

Keempat, Kampas Rem. Jika busi dan karburator paling penting dan inti dalam mesin. Maka Rem yang paling krusial. Jika pengereman terganggu, maka jalannya mesin menjadi percuma karena dapat membahayakan. Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Salah satu part dalam pengereman adalah kampas rem. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Kelima, filter udara. Udara menjadi salah satu bagian penting dalam pengapian, tanpa udaha yang memadai, maka stabilitas putaran mesin bisa terganggu. Untuk menjaga asupan udara yang normal maka membutuhkan filter udara. Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Keenam, Aki atau accu. Untuk menyakan mesin kendaraan, membutuhkan putaran pertama dan percikan pertama sebelum menjadi siklus putaran mesin. Maka mesin membutuhkan aliran listrik. Accu adalah sumber pertama aliran listerik untuk memulai siklus putarannya. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman. Namun, accu juga bukan hanya memberikan aliran pertama, ia juga menyimpan energi listrik untuk menyalurkan ke bagian lain agar stabil seperti lampu-lampu atau charge-an smartphone.

Ketujuh, Ban. Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Kedelapan, Tune Up Rutin. Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. Saya biasanya melakukan ganti oli sekaligus tuneup, tapi kalo untuk ganti oli gardan setelah beberapa ganti oli mesin, baru ganti oli gardan. Perhitungannya biasanya 3 kali ganti oli mesin baru ganti oli gardan. Akan tetapi biasanya saat saya minta general checkup, mekanik akan menginformasikan terkait dengan beberapa part yang sudah layak ganti, masih layak pakai, atau masih bisa dipakai untuk beberapa bulan ke depan sebelum service berikutnya.

Memilih Bengkel service

Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini! sumber: planetban.com

Saat satu sampai dua tahun pertama pemakaian motor baru, saya biasanya memilih bengkel resmi, karena ada beberapa part yang masih garansi. Namun, sejak ganti ban motor di planet ban, baru tahu jika planet ban tidak hanya melayani servis ganti ban, juga servis lainnya, seperti ganti oli atau servis mesin.

Nah, untuk mendapatkan servis yang bagus, kita harus pilih bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

          Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

          Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

          Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

          Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Pengalaman Service Motor di Planet Ban dan Bengkel Lain.

Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini! Planet Ban Soekarno Hatta Bandung, sumber otomotindo.com

Salah satu yang dapat dirasakan adalah pelayanannya yang excellence alias pelayanan prima, selain cepat, biasanya mekanik juga mengarahkan tempat menunggu agar pelanggan nyaman saat menunggu motornya diservis. Hal yang beda juga adalah, jika saya servis motor di bengkel umum, biasanya suka ada sisa-sisa oli pada pegangan, begitu juga dengan mesin masih apa adanya seperti saat kita servis yaitu debu-debu yang kita bawa biasanya masih tetap ada.

Nah, jika kita melakukan service motor di Planet Ban, seluruh bagian yang tadi saya sebutkan termasuk part mesin, silinder, blok, klep, piston, body, akan dibersihkan dari debu-debu walaupun bukan bagian yang diservis. Maka wajar, jika seperti motor baru karena semua part dibersihkan.

Servis di Planet Ban membuat motor yang kita pakai seperti baru, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun, mesin jadi bersih. Jika dilihat dari harga, rata-rata artinya masih tetap murah dan terjangkau, seperti service injeksi Cuma Rp20.000,-, servis CVT dan rantainya Rp19500, throttle body juga hanya Rp20.000,-

Nah, sekarang sudah pada tahu kan manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Nah, selain karena murah, sekalian ganti ban, servis di Planet Ban juga dekat dengan rumah.***[]

18 comments for "Agar Mesin Motor Awet, Wajib Lakukan Servis 8 Bagian Ini!"

  1. Dulu tak pikir planet ban memang hanya menyediakan ban doang

    Eh ternyata juga ada service dan malah peralatannya kulihat lebih komplit daripada bengkel biasa. Ya udah sejak itu service ke planet ban ajalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya taunya setelah ganti ban keduakalinya waktu itu teh, ternyata bisa servis mesin juga....belakangan planet ban lengkap servisnya ya

      Delete
  2. Pengecekan secara menyeluruh, di bengkel rekanan kendaraan sekalipun jarang yang sampai mendetail ke dalam dan bagian-bagian tersembunyi nya. Ini di Planet Ban, mereka membersihkan (selain mengeceknya) juga sampai sedetail itu ya...
    Harganya terjangkau pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi harga juga kompetitif ya, lebih murah dari bengkel resmi malah ya

      Delete
  3. Memang ya lebih baik kita itu servis berkala spy kendaraan gak mengalami kerusakan yang lebih berat. Biaya servis yang dikeluarin juga jadi berkali lipat. Enaknya servisnya di Planet Ban, pengecekan menyeluruh bikin performa mesin motor makin prima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, itu mengantisipasi biaya berkali-kali lipat daripada servis besar karena dampak jarang servis rutin.

      Delete
  4. 20 tahun yang lalu saya udah lulus kuliah Kang hehehe. Ke mana-mana masih pake angkot, belum ada ojol. Dan tau segitu 50 ribu itu berarti uat saya yang masih cari kerjaan. Kebayang ya kalau pas motornya minta jajan dan 50 ribunya itu pas segitu-gitunya. Dipikir-pikir sekarang servis motor apalagi di Planet Ban malah lebih mudah dan murah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas nya sih, kalo sama servis itu sekitar 40 ribuan teh, karena oli kalo gak salah harganya 19 ribu, servisnya 20 ribu kadang sama lain-lain nyampe 50rebu. Ya berat waktu itu teh..., paling kalo maksain ganti olie aja 20 ribu, 1000 nya itu jasa...

      Delete
  5. Kadang cuma gara-gara uang ganti oli akhirna motor jadi turun mesin nya bah hehehe. Jadi pengalaman ayeuna mah nya bah. Kuy atuh urang touring tea bah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pisan kang de, padahal ringan ganti oli daripada turun mesin nya.
      hahaha muhun can kasampean turing bareng nya...

      Delete
  6. Ya ampun jadi inget, pas waktunya servis beberapa bulan lalu, aku cuma ganti oli motor aja. Tapi nggak ada pengecekan yang lain. Ternyata nggak cukup ya cuma ganti oli aja! Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal kalo lagi gak ada duit itu masih aman mbak, tapi khusus untuk mesin ya...

      Delete
  7. Artikel ini sangat berguna bagi emak2 tipikal tidak paham mesin. Tentunya jika mau membaca ^_^. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...iya bener juga ya, kalo gak baca jadinya percuma

      Delete
  8. Krn sering lupa ganti oli, endingnya mtrku sdh turun mesin... 😭
    Tp motorku usiane jg udah 15thn. Jd ya udah wayahe ganti kali ya...

    ReplyDelete
  9. Pernah punya pengalaman service motor di Planet Ban, dan service nya emang oke sih, gak kalah sama bengkel resmi. Yang paling penting sedikit lebih murah buat spare part nya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah eta, nu penting murah tapi berkualitas servisna

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya ya...