Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kecepatan Akses Data, Pengguna Perlu Juga Tahu!

SpeedTest Smartfren pada perangkat PC/ Laptop.

Bagi awam, tidak penting berapa kecepatan data yang dibutuhkan untuk mengakses laman tertentu baik laman dalam format teks, audio, atau video. Penting bagi pengguna adalah saat kita mengakses laman tersebut tidak loading atau buffering. Jikapun ada jeda sebelum laman terbuka total, paling beberapa detik masih bisa memakluminya.

Namun, tahukah baraya, bahwa jumlah data atau bandwitch yang dibutuhkan setiap laman itu berbeda-beda, seringkali saat membuka banyak laman, tiba-tiba semua loading, begitu juga saat membuka laman video, selalu saja terkendala dengan buffering. Nah pada saat inilah kita harus mengetahui kekuatan akses data dari provider yang kita gunakan, agar bisa memperkirakan daya aksesnya sehingga kita tidak ketinggalan moment.


Tabel berikut, merupakan rata-rata rekomendasi kecepatan untuk mengakses laman tertentu. Misalnya, agar laman streaming video tidak buffering, ya kecepatan aksesnya minimal 3-5 Mbps untuk kualitas SD-HD. Begitu juga untuk akses streaming music minimal kecepatan akses 1-5 Mbps, untuk gaming minimal kecepatan aksesnya di 4 Mbps


Jadi jika kita memiliki akses 5-10 Mbps itu sudah aman. Hanya saja tergantung berapa orang yang menggunakan jaringan internetnya. Jika keperluan pribadi, misalnya personal selular, yang rata-rata kecepatan akses 9-12 Mbps sudah sangat aman untuk mengakses beberapa keperluan, misalnya sambil digunakan sebagai portable wifi, selular juga digunakan untuk akses data misalnya media sosial yang hanya butuh 1 Mbps.

sumber: myrep

Dengan mengatahui kecepatan akses tersebutlah, kita bisa mempertimbangkan penggunaan data untuk apa saja, sehingga kita bisa mengerem dan atau menutup akses kepada yang lain. Agar aktivitas utama ngenet kita tidak terganggu apalagi untuk keperluan pekerjaan yang urgen dan prioritas.


Sejak 3 hari lalu, saya mencoba kecepatan akses internet provider Smartfren yang belakangan cukup getol mengeluarkan produk-produk inovatif, dari mulai unlimited, wow smartren, ataupun kuota nonstopnya. Hal ini juga saya lakukan, karena sejak 10 tahun lalu menjadi pengguna salah satu produknya; mulai dari BB Smarfren, Mobile Broadband (MiFi) yang tentu saja tidak bisa dipisahkan dari penggunaan akses datanya.


Di rumah saya sendiri, memang sejak lama seakan menjadi tempat anomali bagi setiap provider termasuk Smartfren, jika beberapa meter ke luar rumah semua jaringan bagus. Saat masuk ke dalam rumah, eh ternyata jaringannya langsung down. Beruntuk setelah getol lapor melalui customer care, jaringan sudah sangat bagus termasuk Smartfren.


Kecepatan akses Smartfren sendiri menurut pengalaman pribadi cukup bagus. Berada pada kitaran 8-11 Mbps. Jika merujuk pada keperluan, kecepatan akses data tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan akses video misalnya youtube, sekaligus sambil berselancar media sosial, ataupun sambil mengirim dan mengunggah gambar, teks, atau video baik melalui email, user generated content, ataupun laman media sosial lainnya.


Artinya dengan kecepatan rata-rata 10 Mbps sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan pekerjaan dan konsumtif lainnya.


Memang sempat ada yang bercerita, bahwa akses download 10 Mbps tersebut di era sekarang sangat lambat. Iya iyalah, karena aktivitas yang dilakukan adalah mengunduh video-video dengan kapasitas 1 GB atau 1000 MB. Jelas dengan kecepatan akses 10 Mbps akan cukup melelahkan, menungu cukup lama hingga unduhannya selesai.


Gambar-gambar di atas atau di bawahnya, merupakan hasil test kecepatan akses di dua tempat yang berbeda, walaupun sama-sama di Kabupaten Bandung dan kedua-duanya relatif berada di daerah perbukitan. But overall, sudah sangat baik dan aman untuk keperluan pribadi. 

SpeedTest pada perangkat mobile.

Pada gambar speedtest paling atas menggunakan webroser dan laptop sedangkan pada gambar speedtest terakhir menggunakan perangkat mobile. Kecepatan aksesnya relatif stabil, walaupun perangkat mobile lebih enteng dan aksesnya lebih cepat sedikit. Namun tidak terlalu signifikan. Berada pada rata-rata 10 Mbps. Kecepatan akses ini relatif merata saat dicoba pada siang hari ataupun malam hari sebelum jam 12. Pernah akses internet pasca jam satu malam, kecepatannya lebih oke lagi. Hanya sayang, saat itu saya tidak lakukan speedtest. Oleh karena itu, saya tetap bertahan menjadi pengguna provider merah dan disandingkan lagi dengan merah juga. Karena salah satu pertimbangannya adalah kecepatan aksesnya yang stabil. ***[]



Post a Comment for "Kecepatan Akses Data, Pengguna Perlu Juga Tahu!"