18 May 2019

5 Lima Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh

Ilustrasi 5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh, Peci dan Kurma. (doc www.abahraka,com)
5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh

Puasa… puasa..
sebetulnya menyehatkan
Sebulan menahan nafsu
menjauhi larangan Tuhan
meningkatkan ketaqwaan
Puasa dengan penuh ikhlas
Tingkatkan martabat diri
Lahir bathin suci kembali
Semoga Tuhan ridhoi
ibadah puasa kita di bulan Ramadhan

Ada yang tahu penggalan lirik lagu di atas?

Ya betul sekali, lirik tersebut miliknya grup musik legendaris yang sampai ramadhan 1440 H sekarang masih eksis, tampil secara offline ataupun live di televisi.

Salah satu penggalannya, puasa...puasa sebetulnya menyehatkan, terus-terus mengiang dalam ingatan saya. Kenapa? Karena melalui puasa salah satu penyakit menahun saya bisa sembuh. Puasa jadi therapy utama saat kambuh. Walaupun kini, setelah mereda, saya jarang sekali melakukannya di luar bulan ramadhan.

Saya kutip dari buku Terapi ala Sufi karya Syeikh Chistiyah, puasa dapat menjadi alat therapy bagi beberapa penyakit. Termasuk maag yang sering dijadikan alasan orang untuk menghindari puasa. 

Saya sendiri sejak kuliah memiliki penyakit maag kronis, hingga harus dirawat bahkan diinfus. Saran dokter memang harus teratur sarapan, tidak boleh makan pedas, dan jangan ngopi.

Sejak saat itu memang saya selalu menghindari kopi. Saking pekanya lambung, mencium baunya saja, perut saya langsung gemeteran. Beberapa tahun saya betul-betul berhenti minum kopi. Padahal saat kumpul dan nongkrong, kopi plus rokok jadi menu utama pertemanan.

Detoksisasi Tubuh
5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh yang pertama adalah Detoksisasi Tubuh. Proses detoksisasi tubuh khususnya dalam usus/ lambung terjadi saat perut dalam keadaa kosong. Pada saat berpuasa, saya tersadar karena ternyata setelah bulan ramadhan, perut saya justeru seakan mengalami refreshing. Biasanya saya mengalami mencret dan sakit perut di awal-awal puasa. 

Hari ke 3 sampai ke 5. Nah, menurut syeikh Chistiyyah, kondiri seperti itu adalah proses pembersihan racun dalam perut. Detoksisasi. Kosongnya perut karena puasa menjadi ajang pengeluaran racun dari dalam perut. Sehingga saat terisi, racun-racun itu segera keluar dengan makanan yang kita makan.

Makanya, setelah puasa ramadhan, saya seringkali melanjutkan puasa tiga sampai dengan 6 hari. Istilah orang sunda, nyawalan namanya. Ini sebetulnya karena sayang meninggalkan kebiasaan baik, yang jika sudah jauh dari bulan puasa biasanya males untuk puasa.

Makanan Bernutrisi
Ilustrasi 5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh, makanan bernutrisi; buah kurma
5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh yang kedua adalah Pemilihan Makanan yang Bernutrisi. Puasa identik dengan korma, sayuran, buah-buahan, juga air/ cairan. 

Keempat kategori atau jenis makanan tersebut adalah makanan yang bernutrisi alias memiliki gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita ketahui, bahwa selama ramadhan selalu menyiapkan makanan terbaik baik untuk berbuka ataupun sahur.

Saya sendiri selalu memperbanyak minum saat sahur, bahkan saat akan tidur pun selalu menyempatkan minum 1 gelas. Saat berbuka atau sahur pun setiap harinya harus terdapat menu sayur dan buah, walaupun sederhana.

Fungsi nutrisi sendiri adalah untuk memelihara kesehatan tubuh dan juga pertumbuhan. Nah, selama berpuasa, karena ekpektasi kita harus kuat tidak makan selama kurang lebih 13 jam, kita mempersiapkan makanan terbaik dari sisi nutrisi agar dapat memenuhinya. Hal yang tidak dilakukan secara teratur saat hari biasa.

Bahkan, pada ramadhan 1440 Hijriah sekarang, bibir saya terkena panas dalam. Alhamdulillah, setelah 3 hari puasa, justeru sembuh. Ini membuktikan bahwa puasa—dari sisi keteraturan makan makanan yang bernutrisi, akhirnya bisa menyembuhkan—memelihara kesehatan.

Pada sisi lain, seperti ditulis situs finansialku, nutrisi juga memiliki manfaat lain. Misalnya menurunkan tingkat stress, membantu aktif secara fisik maupun mental, memberikan energi dan meningkatkan kinerja, membantu memiliki hidup yang seimbang, bahkan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Tidur
5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh yang ketiga adalah Tidur. Tidur bukan hanya Ibadah saat puasa, Namun juga memperlancar Metabolisme. Kegiatan-kegiatan lainnya pada bulan puasa juga turut membantu meningkatkan kesehatan tubuh. 

Misalnya seperti diteliti oleh Ebrahim Kazim dari Trinidad Islamic University, seperti dikutip republikaonline. Puasa membuat tidur lebih berkualitas, sehingga berpengaruh pada perbaikan tubuh dan otak. Tidur sebelum sahur dapat memperlancar metabolisme tubuh.

Saat puasa, tidur menjadi hal yang gampang ditemui dimana-mana. Saya sendiri, sehabis tarawih biasanya jarang sekali melakukan aktivitas misalnya, nonton sampai malam. Karena badan sudah lelah, maka lebih memilih untuk tidur agar jam 3 atau jam 4 subuh bisa terjaga.

Doa
5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh yang keempat adalah Doa. Energi Positif dari Doa dan Kata-kata positif dapat menyehatkan tubuh. Pada bulan puasa, terjadi peningkatan ibadah. Misalnya membaca Al-Qur’an ataupun dzikir. Al-Qur’an memiliki sifat Asy-Syifa turut mendorong tubuh menjadi sehat. 

Betapa tidak, pada bulan Ramadhan, setiap orang berlomba-lomba untuk membaca al-Qur’an. Ada yang menargetkan 1 hari 1 juzz, sehingga hari terakhir ramadhan, tamat membaca 30 Juzz. Atau juga membaca Al-Qur’an secara bersamaan alias tadarrus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Masaru Emoto, bahwa 64 persen dalam tubuh kita terdiri dari air. Air jika diberikan kata-kata yang indah dan bagus akan memberikan respon yang positif terhadap tubuh. Nah, dengan bacaan bagus yang berasal dari Al-Qur’an, tubuh pun merespon dengan baik.

Setelah meneliti di Jepang dan berbagai negara, Emoto berkesimpulan bahwa kata-kata baik itu berkorelasi secara linier dengan kebaikan tubuh. Air yang diberi kata-kata baik membentuk kristal yang indah, sedangkan air yang diberi kata-kata buruk justeru bentuk kristalnya tidak baik.

Terakhir kali penelitiannya dilakukan di Saudi Arabia terhadap Air Zamzam. Dan hasilnya sangat mengejutkan peneliti Jepang tersebut. Air Zam-zam memiliki kristal yang paling indah dibandingkan dengan air dari negara lain. Karena penelitian terhadap Air Zam-zam tersebut Masaru Emoto menjadi mualaf.

Hubungan Sosial
Ilustrasi 5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh, hubungan sosial.
5 (Lima) Alasan Puasa Menyehatkan Tubuh yang kelima adalah hubungan sosial. Pada bulan ramadhan terjadi peningkatan hubungan sosial. Bukan hanya kesalehan individu yang menonjol, juga kesalehan sosial bergema dimana-mana. Ibadah individu juga banyak dilakukan secara kolektif alias berjamaah. 

Shalat malam yang biasanya dilakukan sendiri, dilakukan berjamaah. Bahkan salat duhur dan ashar yang biasanya berisi 3 shaf, kini masjid penuh seperti halnya shalat jumat. 

Peningkatan relasi dalam konteks ibadah terhadap Allah, juga konteksnya terhadap manusia menjadi nilai yang dapat merelaksasi bagi tubuh. Menurut ahli kesehatan, relaksasi tubuh inilah yang membuat badan kita menjadi sehat.

Beberapa ahli mengatakan jika penyakit itu tidak hanya disebabkan oleh sebab fisik, juga psikis. Dengan kondisi psikis yang relaks inilah pada akhirnya tubuh juga menjadi sehat. 

Relaksasi tubuh berasal dari berbagai amalan yang dapat meningkatkan relasi antar manusia, seperti sadaqah, menyediakan tajil dan buka puasa untuk orang lain, termasuk kehidupan kolektif yang meningkat.

Berdasarkan beberapa uraian di atas, kesehatan yang disebabkan oleh puasa tidak hanya karena proses fisik, seperti hasil penelitian Syeikh Chitiyyah, karena ada proses detoxisasi dalam tubuh/ perut, atau seperti hasil penelitian Masaru Emoto, karena ada kecenderungan tubuh menerima kata-kata baik, namun juga kehidupan kolektif yang meningkat pada bulan ramadhan ini.

Maka sangat wajar jika bulan ramadhan sebagai bulan penuh berkah ini, selain karena diampuni dosa orang berpuasa, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka, terhindar dari berkata-kata kotor, atau berlipatgandanya pahala. 

Lebih dari itu, Allah menyediakan berbagai cara dan dari berbagai arah bagaimana tubuh betul-betul sehat secara syariat dan hakikat. Sehat lahir batin. Sehat jiwa raga. Sehat kehidupan individu dan sosial. Kecuali bagi orang yang tidak bersyukur.

5 (Lima) alasan puasa yang menyehatkan tubuh tersebut secara holistikdikaji berdasarkan sifat dan unsur dari tubuh manusia yang bersifat materi sekaligus immateri. Karena pada dasarnya manusia tidak hanya berasal dari tanah (nutfah) namun juga ruh (Allah).

Sehingga bisa jadi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari kita agar nilai dari bulan ramadhan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di luar bulan ramadhan. Tentu, agar sehat jiwa dan raga, lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa guys.


Kotributor Opini Media Massa, Pernah menjadi redaksi dua majalah 2011-2014. Sedang menggiatkan kembali membaca buku dan menulis. Tertarik mengkaji media dan komunikasi dan menulis feature perjalanan dan buku. #Tidak lagi idealis, tapi tidak jatuh pada pragmatisme, hanya mencoba realistis.#

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya ya...
EmoticonEmoticon