Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asus Produksi Lini ExpertBook di Indonesia

Asus Bandung Blogger Gathering 2023



Setelah menggunakan produk Asus selama kurang lebih 10 tahun, khususnya pada lini laptop, baru penasaran dan muncul pertanyaan, sebenarnya Asus ini diproduksi dimana? Apakah import langsung dari Taiwan, atau diproduksi dalam negeri.

Rasa penasaran tersebut baru terjawab pada Bandung Blogger Gathering yang diselenggarakan di Hotel Pullman pada Rabu, 06/12/2023.

Tim Public Relations Asus Indonesia yang dikomandoi oleh Muhamad Firman alias Bang Emmet24son memboyong sejumlah produk baru dari Lini Zenbook, Vivobook, ROG Ally, dan ExpertBook yang diproduksi di Batam, Indonesia dengan Tingkat komponen dalam negeri. Walaupun belum sampai 20 persen, karena komponen beberapa bagian yang sulit didapatkan dalam negeri, namun sudah memenuhi TKDN.

Pada Blogger & Media Gathering kali ini, Asus cukup banyak memboyong produk barunya ke Bandung, juga membuka boot pameran di Hotel Pullman Bandung. Sehingga Tim Asus dapat membawa secara maksimal produk-produk barunya untuk disosialisasikan kepeda media dan Blogger.

Inovasi yang terus dilakukan, Asus masih memimpin pasar Laptop di Indonesia, bahkan sampai tahun 2023. Saat Pandemi 2020-2022, justeru Asus sedang berada di posisi jaya-jayanya. Saat memasuki pasar jenuh pasca Pandemi, Asus masih tetap memimpin pasar. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh oleh Public Relation Asus, seperti disampaikan oleh Muhamad Firman.

ROG Ally

Konsol ASUS ROG Ally 

Tahun 2023, Asus bersama Blogger telah menyelenggarakan Gathering kedua kalinya. Kedua kali menyapa Blogger Bandung tersebut, yang menarik, Asus membawa gawai baru, sebuah perangkat/ konsol game yang dioperasikan oleh Windows sebelas. Konsol Game tersebut, pada spesifikasi yang paling tinggi, walaupun berupa konsol segenggam tangan, namun bisa menyamai Play Station (PS) 5. Konsol dengan brand ROG Ally tersebut menjadi pembeda dengan produk Asus lainnya.

Boleh dibilang, jika Laptop merupakan perangkat komputer yang sekaligus juga sebagai perangkat hiburan, sedangkan ROG Ally adalah perangkat hiburan (game) namun juga bisa digunakan untuk bekerja. Bahkan, lebih ringkas dan multifungsi banget jika dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil namun dengan kemampuan yang sama dengan laptop.

ROG Ally dapat menjalankan beragam game popular dengan platform dari Brand Epic Games, Ubisoft Connect, atau Xbox. Menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 series terbaru, ROG Ally dapat memainkan berbagai platform game bahkan game AAA dengan baik.

ROG Ally merupakan portable gaming console paling powerful di dunia yang ditenagai Windows 11 serta prosesor AMD Ryzen™ Z1 Series terbaru. Berkat sistem operasi Windows 11, ROG Ally dapat memainkan game dari berbagai platform, bahkan game AAA, dengan sangat baik.

Jika game AA adalah game standar di seluruh dunia, game AAA adalah game yang dibuat dengan bajet sangat tinggi, bahkan menurut salah satu sumber bisa di atas 1 trilyun. Biasanya terkait dengan kompleksitas grafis, plot cerita, hingga mekanisme permainan yang intens. Perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan game dengan DNA AAA seperti Xbox game studios, Rockstar Sony, Ubisoft, Sega, Nintendo. Judulnya seperti Final Fantasy, God of War, Residen Evil, dan lainnya.

Portabel gaming yang dapat digenggam tangan ini dilengkapi dengan software khusus, serta layar sentuh.

Walapun kecil, jangan khawatir dengan sistem pendinginnya. Karena konsol ini dibekali dengan sistem pendingin ROG Zero Gravity Thermal System. Sistem ini menggunakan dua kipas untuk mendukung performa perangkat sehingga ROG Ally tetap bisa bekerja optimal saat digunakan.

ASUS Expert Book Made in Indonesia

Asus pada tahun 2023 mengeluarkan produk terbaru untuk para professional yaitu laptop compact yang dibuat di Indonesia. Laptop tersebut menyasar pasar komersil, yaitu Asus ExpertBook dengan kode Experbook P1 (P1412). Laptop ini dibuat di Batam Indonesia. Artinya Asus lini ExpertBook ini memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

Namun, walaupun dibuat di Indonesia, Asus menjamin kualitas dari P1412 tersebut. Karena untuk komponen-komponen khusus tetap menggunakan material yang tidak tergantikan, yaitu diimport dari luar. Hal ini, karena beberapa part sangat sulit untuk dibuat langsung di dalam negeri.

Asus ExpertBook P1412 memiliki tenaga visual yang imersif, dilengkapi layar 14 Inci NanoEdge sebagaimana generasi laptop Asus sebelumnya. Spesifikasi yang dikembangkan sama dengan generasi Asus lain yang telah memenuhi standard militer.

Laptop bisnis Asus, sebagaimana disampaikan oleh Danu, mengedepankan sisi keamanan yang sangat tinggi. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengamanan data bagi para pebisnis ataupun pelaku UMKM. Untuk versis basic, Asus dengan layar yang telah menyandang generasi OLED memasang harga yang terjangkau yaitu dikisaran Rp. 6 juta. Menurut Danu, merek lain, tidak ada yang memasang harga murah untuk generasi layar OLED.

Walaupun laptop-laptop Asus sebelum tahun 2023, 100% import, namun untuk garansi dan layanan purna jual menyediakan pelayanan terbaik. Garansi Internasional Asus, tidak dibebankan kepada konsumen untuk mencari service centre di luar Indonesia, karena service centre Asus telah tersebar di Indonesia, termasuk juga di Bandung.

Asus menghadirkan layanan purna jual terbaik di Indonesia melalui berbagai program perlindungan khusus seperti garansi internasional selama dua tahun yang diberikan untuk semua laptop. Perlindungan tersebut memberikan jaminan kepada semua pengguna laptop ASUS bahwa mereka akan mendapatkan dukungan penuh dari ASUS selama dua tahun setelah pembelian. Pengguna laptop ASUS di Indonesia juga dapat mengklaim garansi mereka ketika berada di luar negeri selama masa garansi berlaku, sehingga memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih.

Pada saat penulis melakukan service karena ada part software yang tidak berfungsi dan harus direinstal, Asus memfasilitasinya dengan gratis. Selama masih dalam rentang garansi 2 tahun. Jika pun perangkat kerasnya yang bermasalah, Asus juga akan menggantinya dengan gratis. Bahkan jika harus tukar perangkat, selagi masih dalam rentang garansi 2 tahun dan bukan kesalahan dari pengguna.

Post a Comment for "Asus Produksi Lini ExpertBook di Indonesia"