30.8.21

Empat Teman Kreasi Bandung “Sumbang” Penghargaan untuk Smartfren

Usaha Kecil Menengah menjadi salah satu pondasi roda perekonomian di Indonesia. Bahkan pada saat krisis moneter, UKM Indonesia disebut sebagai usaha yang paling tahan banting. Wajar jika pemerintah, selalu memprioritaskan UMKM tersebut baik melalui kementerian ataupun dinas-dinasnya, kemenkopUKM dan DinkopUKM.


Bukan hanya itu, melalui fokus ikhtiar tersebut, Bank juga memiliki skema khusus dalam mendorong meningkatkan kualitas, kuantitas, serta output UMKM hingga ke ranah ekspor. Di Jawa Barat sendiri, melalui misalnya Jabar Cyber Coops berusaha menjembatani UMKM dengan pasar luar negeri. Sejumlah bank juga memiliki skema pendanaan khusus untuk mendorong laju tumbuh UMKM di Indonesia dengan kredit yang sangat kecil. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan multinasional dan nasional begitu peduli dengan kehadiran UMKM tersebut.


Sadar begitu pentingnya laju tumbuh UMKM di Indonesia, untuk menopang perekonomian bangsa, Smartfren menggagas Bersama komunitasnya Smartfren Community untuk mendorong dan mengerek agar UMKM di Indonesia bisa tumbuh dengan cepat. Melalui program inovasi eksternal, Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif. Rumah Kreatif inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Teman Kreasi Indonesia.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren menerima penghargaan Anugerah Inovasi 2021 dari IDX
Lahir dan tumbuh selama 6 tahun smartfren community telah melahirkan 3 Teman Kreasi di cabang-cabangnya. Dan yang paling membanggakan bagi saya adalah, teman kreasi yang pertam kali lahir adalah di wilayah Bandung Raya, yaitu Teman Kreasi Bandung Barat. Walaupun, wilayah saya sendiri belum lahir Teman Kreasi, akan tetapi semangat untuk terus tumbuh dengna pola pikir digital yang terus menerus dipompakan smartfren community yakin akan melahirkan Teman Kreasi-Teman Kreasi di daerah lain termasuk Teman Kreasi di Kabupaten Bandung. Karena pertumbuhan kini sangat terasa dengan kehadiran dan dukungan akses digital. Hal ini menjadi komitmen Smartfren sebagai rumah induknya Smartfren Community.

Teman Kreasi Indonesia kini sudah tumbuh di 32 cabang yang lahir dari 102 Cabang Smartfren Community. Artinya Smartfren Community telah mendorong untuk tumbuh 32 UMKM Indonesia. Ini menjadi bagian dari inovasi yang dibangun dan dikembangkan oleh Smartfren Community.

Keseriusan Smartfren dan Smartfren Community dalam membangun UMKM Indonesia menjadi alasan Smartfren menerima penghargaan khusus dalam ajang anugerah Inovasi yang diselenggarakan oleh IDX (Indonesia Stock Exchange) atau yang kita kenal dengan Bursa Efek Indonesia.

Smartfren menerima penghargaan dalam program sustainable inovatif Small Medium Enterprise (SME) atau yang kita kenal dengan usaha kecil menengah (UKM). Penghargaan langsung diterima oleh CEO Smartfren DJoko Tata Ibrahim.

Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung yang pernah menjadi bagian dari Kabupaten Bandung, memiliki tiga Teman Kreasi yang bergerak dalam bidang digital marketing, jajanan khas Bandung Barat dan mug, juga pot concrete.

Beberapa produk Teman Kreasi Indonesia hasil binaan Smartfren

Sebagai warga Bandung Raya cukup bangga atas kreativitas teman-teman, termasuk juga satu Teman Kreasi yang berasal dari Kota Bandung yaitu Teman Kreasi Kumakamu Kreatipiti yang bergerak pada kuliner dan konten creator. Melalui Teman Kreasi Indonesia, Smartfren Community khususnya di Bandung  berhasil mengembangkan dan mendorong pertumbuhan UMKM. Alhamdulillah, empat Teman Kreasi dari Bandung dapat "menyumbangkan" penghargaan untuk Smartfren.


Kebanggaan ini tidak berhenti sampai bentuk apresiasi namun juga motivasi, karena sejatinya kreativitas itu bisa menjadi energi positif yang mengalir deras terhadap setiap pribadi anggota smartfren community termasuk saya. Sejak kehadiran kehadiran Teman Kreasi, saya juga akhirnya merasa tertantang bagaimana memiliki usaha yang lahir dari kreativitas dan ilmu yang selama ini menjadi bagian dari aktivitas pekerjaan dan kerelawanan di Kabupaten Bandung.


Hal ini menjadi wajar karena visi misi Teman Kreasi Indonesia mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada. Tentu saja saya yang menjadi bagian di dalamnya mendapatkan energi positif tersebut.


Melalui 32 Teman Kreasi, artinya terdapat 32 kreativitas yang didorong, disemangati, dibantu pertumbuhannya oleh Smarftren Community tentu memiliki perbedaan secara konsep dan aksi. Dan ini merupakan bentuk inovasi dari teman-teman sfcom.


Lahirnya 32 Teman Kreasi ini tidak muncul tiba-tiba, tetapi melalui proses inkubasi. Smartfren dan smartfren community secara berkala menyelenggarakan berbagai event yang dapat merangsang setiap anggotanya menjadi wirausaha; melalui pelatihan-pelatihan, event, pameran, termasuk juga pertemuan-pertemuan yang rutin diselenggarakan dalam rangka menjaring berbagai ide yang akhirnya melahirkan Teman Kreasi yang ini sudah berjumlah 32 teman Kreasi.


Terima Kasih Smartfren dan Smartfren Community. Insya Allah akan berkembang terus dan semoga Teman Kreasi menjadi salah satu penopang ekonomi bangsa tercinta ini.***[]

 

Next
This Is The Current Newest Page

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya ya...
EmoticonEmoticon